Jumat, 03 Februari 2023
Ekonomi

Pemkab Malang Fasilitasi Sertifikasi Halal, Penuhi Harapan IKM 

profile
Senopati

06 Januari 2023 13:34

1.9k dilihat
Pemkab Malang Fasilitasi Sertifikasi Halal, Penuhi Harapan IKM 
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Malang, Mahila Surya Dewi. (SJP)

KABUPATEN MALANG – Untuk mendukung mempermudah pemberian sertifikasi halal bagi pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) dan Usaha Kecil Menengah (UKM).

Pemerintah Kabupaten Malang memberikan fasilitas kemudahan bagi pelaku usaha.

Menurut Kepala Dinas Perinustrian dan Perdagangan Kabupaten Malang, Mahila Surya Dewi, fasilitasi sertifikasi halal yang diberikan merupakan salah satu cara mendorong IKM/UKM bisa go ekspor. 

"Jadi, melalui (pendaftaran) merek, sertifikasi halal, BPOM, dan lain sebagainya. Sehingga, kita bisa mendorong IKM siap dan secepatnya bisa ekspor," kata Mahila Surya saat ditemui awak media, Jumat (6/1).

Diharapkan, produk makanan minuman siap saji asal Kabupaten Malang ini juga bisa menembus pasar ekspor. 

Selain sertifikasi halal, yang masih harus diperkuat pada IKM di sini adalah perizinan usahanya, karena tidak semua tujuan ekspor negara muslim," imbuhnya.

Mahila berharap, dukungan Pemkab Malang untuk sertifikasi halal dan lainnya bagi IKM terus meningkat hingga beberapa tahun mendatang.

"Harapan kami dengan dukungan serta kemudahan yang diberikan Pemkab Malang dalam pemberian sertifikasi halal dibarengi dengan meningkatnya pelaku IKM di Kabupaten Malang," tandas Mahila Surya.

Sementara itu, Bupati Malang, HM Sanusi saat menyerahkan sertifikat halal bagi pelaku usaha Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Malang, di Graha Cakra Turen, Kamis (5/1/2023). 

Dengan dukungan sertifikasi halal ini, Sanusi berharap produksi IKM Kabupaten Malang lebih bergairah.

Hal ini menurutnya sesuai arahan Presiden RI, Joko Widodo, agar perekonomian lebih kuat dan bisa bangkit lebih cepat. 

"Fasilitasi sertifikasi halal ini bisa menumbuhkan minat masyarakat (konsumen), karena ada jaminan produk yang dikonsumsi adalah halal," ujar Sanusi. 

Dengan demikian, menurutnya, mendatang bisa diharapkan lebih terbuka bagi IKM Kabupaten Malang untuk lebih go internasional. Hal ini harus ditangkap para pelaku IKM se Kabupaten Malang. 

Meski begitu, Sanusi juga mengakui, pemkab Malang masih punya tanggung jawab memastikan lebih banyak lagi IKM makanan dan minuman tersertifikasi produknya. 

"Masih banyak PR (pekerjaan rumah)-nya, masih ada 300 sampai 400 IKM yang butuh difasilitasi program sertifikasi produk halalnya. Pemkab Malang akan tetap mensupport melalui Disperindag, dan pembiayaannya gratis," pungkas Abah Sanusi. (Seno)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Pemkab Malang Fasilitasi Sertifikasi Halal, Penuhi Harapan IKM 

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT