Kamis, 09 Februari 2023
Ekonomi

Tingkatkan Kualitas, Pemkot Mojokerto Berikan Pelatihan Ecoprint untuk Para Pembatik

profile
Andy

12 Agustus 2022 20:38

498 dilihat
Tingkatkan Kualitas, Pemkot Mojokerto Berikan Pelatihan Ecoprint untuk Para Pembatik
Wali Kota Mojokerto mengunjungi pelatihan batik ecoprint. (SJP)

KOTA MOJOKERTO - Sebanyak 24 pengrajin batik Kota Mojokerto mendapatkan pelatihan ecoprint dari Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (DiskopUKMperindag).

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menyampaikan bahwa ecoprint merupakan suatu hal yang banyak digemari karena keunikkannya.

"Ecoprint tidak hanya mengasyikkan tapi juga unik, karena ini satu teknik yang cukup menarik dan banyak digemari oleh para pecinta batik khususnya etnik," kata wali kota yang akrab disapa Ning Ita ini saat meninjau Pelatihan Diversifikasi Produk Batik Ecoprint di Gedung Workshop Alas Kaki Surodinawan. Jumat (12/8).

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa ecoprint akan memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi bila dikolaborasikan dengan hal yang lain. 

"Kalau ini bisa disinergikan dengan para desainer tentu akan menjadi sebuah unggulan di Jawa Timur dan di Kota Mojokerto. Jadi tidak hanya dari bahannya tetapi bagaimana nanti ketika dijelaskan menjadi sebuah desain fashion, baju dikolaborasikan dengan sulam, bordir, payet. Ini akan menjadi sebuah produk yang nilai seninya luar biasa dan nilai ekonominya pasti tinggi," jelasnya.


Kepada para peserta pelatihan Ning Ita berpesan agar terus mengembangkan potensi dan kreatifitasnya, karena ecoprint yang menjadi bagian dari dunia fashion akan terus berkembang. Dan pemerintah akan selalu memberikan fasilitas untuk para pelaku ekraf di Kota Mojokerto.

Ini sebuah potensi yang harus kita kembangkan bersama-sama, Pemerintah Kota siap memfasilitasi panjenengan. Kembangkan terus potensi dan kreatifitas panjenengan dan jadikan produk ini menjadi salah satu produk unggulan yang untuk dibranding menjadi produknya Kota Mojokerto,"pungkasnya. Dalam pelatihan yang terbagi menjadi 2 sesi tersebut, Sekar Baruna juga mengapresiasi semangat para pengrajin Kota Mojokerto.

"Saya agak surprise karena yang ikut itu ternyata sudah agak sepuh tapi semangatnya tinggi sekali, jadi saya juga senang, karena ecoprint itu capek sekali tapi mereka tetap antusias mengikuti pelatihan sampai selesai," jelasnya.

Pelatihan ini telah berlangsung 8 Agustus 2022 hingga 13 Agustus 2022 mendatang. Dimana dalam pelatihan ini peserta terbagi menjadi 2 kelompok yang masing-masing kelompok mendapat waktu pelatihan selama 3 hari. (Andy)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Tingkatkan Kualitas, Pemkot Mojokerto Berikan Pelatihan Ecoprint untuk Para Pembatik

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT