Jumat, 03 Februari 2023
Hukum

BAP Kasus Pimpinan Ponpes Cabul di Banyuwangi Dilimpahkan ke Kejari

profile
Ikhwan

25 Oktober 2022 15:26

607 dilihat
BAP Kasus Pimpinan Ponpes Cabul di Banyuwangi Dilimpahkan ke Kejari
Tersangka pencabulan yang merupakan pengasuh pondok pesantren di Banyuwangi. (SJP)

BANYUWANGI – Penyidik Unit Renakta Polresta Banyuwangi menyerahkan Berkas Acara Pemeriksaan (BAP) kasus pimpinan ponpes cabul berinisial Fz. BAP sudah dinyatakan lengkap atau P21, sehingga dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri setempat, Selasa (25/10/2022).

Dalam proses tahap II itu, penyidik juga turut menghadirkan Fz yang didampingi oleh 3 kuasa hukumnya.

Berkas diterima oleh Kasi Pidum Kejari Banyuwangi, Ahmad Budi Muklihs selaku jaksa penuntut umum (JPU) pertama. 

"Hari ini memang benar dilakukan penyerahan tanggung jawab terhadap tersangka, serta bukti dari penyidik ke JPU, setelah dilakukan penelitian terhadap syarat formil dan syarat materiil yang akhirnya kami nyatakan lengkap," kata Ahmad Budi Muklihs.

Dalam proses tahap II itu, tersangka yang diduga mencabuli 6 orang santrinya itu langsung diperiksa. Kurang lebih pemeriksaan berlangsung selama 30 menit.

Budi menyebut Fz disangkakan dengan pasal komulatif. Ada dua tindak pidana yang berdiri sendiri ataupun digabungkan, yaitu pasal 81 ayat 3 kemudian ada pasal 82 dan komultaif, dengan ancaman pidana maksimal 20 tahun penjara.

"Nantinya kita paparkan dalam sidang dakwaan," ujarnya.

Budi menjelaskan dari 6 korban, hanya ada satu yang disetubuhi oleh Fz. Sedangkan lima orang korban lainnya, dicabuli saja. 

"Tidak sampai ada ancaman hukuman kebiri ataupun mati," cetusnya.

Untuk para korban, pihaknya telah mengajukan restitusi atau uang ganti rugi dan perlindungan dari Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). 

Pengajuan tersebut, juga sudah diterima oleh LPSK. Namun, hingga saat ini belum ada hasil perhitungan dari LPSK.

"Yang jelas korban mendapatkan perlindungan dari LPSK, sedangkan perhitungan kompensasi yang harus dibayarkan oleh terdakwa biasanya akan turun paling lambat sebelum pembacaan tuntutan," ungkapnya.

Budi menyebut penahanan Fz akan tetap dititipkan ke Polresta Banyuwangi. Fauzan akan dipindah ke Lapas Banyuwangi, setelah BAP didaftarkan ke Pengadilan Negeri (PN) Banyuwangi.

"Tentunya kami tetap akan berkoodinasi dengan Polresta Banyuwangi dan Lapas Banyuwangi untuk penahanan Fz," tegasnya.

Sementara itu, Kuasa Hukum Fz, Agus Hariyanto mengaku tidak mengajukan penangguhan penahanan. Dia memilih hal itu agar proses penanganan segera selesai. "Kami tidak mengajukan penangguhan, serta akan ikuti prosesnya yang sudah berjalan," tegasnya. (Ikhwan)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

BAP Kasus Pimpinan Ponpes Cabul di Banyuwangi Dilimpahkan ke Kejari

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT