Kamis, 09 Februari 2023
Hukum

Ciptakan Manusia Mandiri, Lapas Mojokerto Gandeng BLK Beri Pelatihan Pengelasan

profile
Andy

09 Desember 2022 10:42

530 dilihat
Ciptakan Manusia Mandiri, Lapas Mojokerto Gandeng BLK Beri Pelatihan Pengelasan
Kalapas Mojokerto, Dedy Cahyadi memberikan sertifikat kepada WBP yang telah mengikuti pelatihan pengelasan. (SJP)

KOTA MOJOKERTO – Pelatihan pengelasan merupakan salah satu kegiatan pembinaan kemandirian yang diberikan untuk 20 warga binaan di Lapas Mojokerto, Kamis 8 Desember 2022 kemarin.

Setelah mendapatkan pelatihan, 20 warga binaan pemasyarakatan (WBP) mendapat sertifikat keterampilan pengelasan dari Kalapas dan Balai Latihan Kerja (BLK) Mojokerto.

Kalapas Mojokerto, Dedy Cahyadi mengatakan, pelatihan pengelasan yang dilaksanakan selama 25 hari ini merupakan wujud kolaborasi yang baik antara lapas dengan BLK Mojokerto.

Pemberian sertifikat kepada peserta pelatihan pengelasan untuk WBP

"BLK sebagai mitra lapas dalam mewujudkan tercapainya tujuan pemasyarakatan serta meningkatkan kualitas SDM masyarakat indonesia, sejumlah 20 orang warga binaan yang mengikuti pelatihan ini dibimbing oleh petugas lapas serta Instruktur dari BLK selama pelatihan yang telah berlangsung selama 100 jam pelajaran yang di mulai sejak 24 Oktober 2022 lalu," ungkap Dedy Cahyadi.

Lebih lanjut dikatakan Dedy Cahyadi, setelah dilakukan penilaian hari ini. Dilanjutkan dengan penutupan pelatihan serta pemberian sertifikat bagi warga binaan yang telah lulus. Mereka diberikan sertifikat di aula utama lapas.

"Bekal keterampilan pengelasan tentu akan menjadi bekal bagi para warga binaan saat kembali bermasyarakat. Semangat dalam menimba ilmu, jangan sampai ilmu yang telah didapatkan sekarang ini berhenti begitu saja, harapan besar tentunya agar rekan-rekan dapat kembali sukses ditengah masyarakat setelah selesai menjalani masa pidana," tuturnya.

Sementara itu, Kasi Pengembangan dan Pemasaran dari Balai Latihan Kerja Mojokerto, Devan Novendik dalam sambutannya juga mengatakan, pelatihan Pengelasan kali ini merupakan momen berharga bagi kalian.

"Disamping para peserta pelatihan menjalani masa pidana, mereka mendapatkan fasilitas untuk dilatih oleh instruktur dan difasilitasi baik sarana hingga sertifikat penunjang keahlian. Saya harap setelah selesai masa pidannya nanti, para peserta pelatihan dapat melanjutkan keahlianya di Balai Latihan Kerja untuk uji kompetensi lebih lanjut agar semakin mudah untuk bersaing dalam mendapatkan atau membuka lapangan pekerjaan," harapnya.

"Kolaborasi dengan instansi dan stakeholder untuk memaksimalkan pembinaan WBP terus digalakkan Lapas Mojokerto. Salah satunya dengan pelatihan pengelasan ini, yang merupakan wujud nyata keseriusan untuk mewujudkan tujuan pemasyarakatan sebagaimana yang telah menjadi atensi khusus Direktorat Jenderal Pemasyarakatan," pungkasnya. (Andy)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Ciptakan Manusia Mandiri, Lapas Mojokerto Gandeng BLK Beri Pelatihan Pengelasan

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT