Selasa, 28 Juni 2022
Hukum

Demo Rokok Ilegal di Depan Kantor Bea Cukai Madura dan Polres Pamekasan

profile
Faisol

22 Juni 2022 12:15

420 dilihat
Demo Rokok Ilegal di Depan Kantor Bea Cukai Madura dan Polres Pamekasan
Aksi turun jalan terkait cukai rokok ilegal. (SJP)

PAMEKASAN - Puluhan pemuda yang tergabung dalam Forum Kajian Mahasiswa dan Pemuda Pamekasan (FKMPP) melakukan aksi demonstrasi di depan Bea Cukai Madura dan Polres Pamekasan, Rabu (22/6/2022).

Aksi kali ini berbeda dengan aksi lainnya, sebab dikemas dengan aksi pawai rokok ilegal. Hal itu dilakukan karena maraknya peredaran rokok ilegal yang ditengarai sengaja dibiarkan oleh pihak terkait, utamanya Bea Cukai Madura.

“Kami sengaja melakukan aksi pawai rokok ilegal dengan berkeliling di sepanjang area kota Pamekasan, yang selanjutnya menuju Kantor Bea Cukai Madura dan Polres Pamekasan,” ucap Korlap Aksi, Umar.

Ia menilai maraknya peredaran rokok ilegal di Pulau Madura, khususnya Kabupaten Pamekasan diduga ada pembiaran dari pihak-pihak terkait yang mempunyai kewenangan penuh untuk memberantas rokok ilegal.

Umar menyayangkan sikap yang dilakukan oleh Bea Cukai Madura dalam menegakkan peraturan. Di mana Bea Cukai Madura hanya menindak toko-toko kecil yang menjual. Sementara pabrik pembuat rokok ilegal dibiarkan beroperasi.

“Kalau Bea Cukai berani jangan hanya toko-toko klontong yang diobrak-abrik karena menjual rokok ilegal, tapi tempat pembuatannya tidak ditutup,” ungkapnya.

Dikatakan, pihaknya sengaja membawa banner yang bergambar puluhan rokok ilegal dari segalam jenis merek. “Biar masyarakat tau apa saja merk rokok ilegal yang saat ini beredar hingga keluar daerah Pamekasan," pungkasnya.

 Ia menyebut bahwa tindakan yang dilakukan oleh perusahaan rokok ilegal cukup merugikan negara. Selain itu, juga membahayakan masyarakat yang mengkonsumsinya.
 
"Selain merugikan negara, ini sangat membahayakan bagi kesehatan, karena tidak melalui tahapan-tahapan jelas," pungkasnya. (Faisol)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Demo Rokok Ilegal di Depan Kantor Bea Cukai Madura dan Polres Pamekasan

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT