Rabu, 07 Desember 2022
Hukum

Desa Pesanggrahan Lokasi Pertama Sosialisasi APH Kota Batu

profile
Arkana

02 November 2022 17:40

498 dilihat
Desa Pesanggrahan Lokasi Pertama Sosialisasi APH Kota Batu
Dialog sekaligus sosialisasi APH di aula kantor Desa Pesanggrahan, Kota Batu. (SJP)

KOTA BATU – Sosialisasi Aparat Penegak Hukum (APH) berkerjasama dengan pemerintah Desa Pesanggrahan, memberikan Edukasi pemahaman tentang hukum dan cara penyikapannya.

Agenda perdana ini dilakukan di Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu, Kota Batu.

Sosialisasi hukum ini, bertujuan supaya masyarakat paham alur dan jalur yang harus dilakukan, ketika menghadapi suatu masalah yang bersangkutan dengan hukum.

Kanit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Kota Batu, Aipda Priyanto Puji Utomo, menjadi narasumber terkait bulying, pelecehan seksual dan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT).

Dikatakan Priyanto, terlebih tentang kasus pelecehan seksual, saat ini kerap terjadi kepada anak dibawah umur dan perempuan. 

"Sosialisasi kami kepada masyarakat tentang pencegahan kekerasan seksual, juga lebih menekankan tentang perlindungan dan pengamanan terhadap korban," katanya.

Priyanto juga menjelaskan tentang mekanisme laporan kepada kepolisian, jika menghadapi beberapa hal yang disebutkan diatas.

"Kepada masyarakat, kami jelaskan tentang UU No. 12 Tahun 2022 tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual, salah satunya dengan pencegahan, yaitu penanganan, perlindungan serta pemulihan hak korban," ungkap dia.

Ditempat yang sama, Kepala Fungsi Perdata dan Tata Usaha Negara (Kasi Datun) Kejari Batu, Muhammad Bayanulloh, memaparkan pemahaman tentang hukum perdata dan tata usaha negara.

Bayan, menjelaskan tentang hukum perdata, juga Tata Usaha Negara (TUN), seperti Peradilan Tata Usaha Negara dan hukum terkait sengketa tanah.

"Saya juga menyampaikan terkait program kami, yakni pelayanan hukum gratis kepada masyarakat," jelas dia

Bayanulloh menambahkan, pihaknya juga mensosialisakan Rumah Pondok Seduluran, yang berfungsi sebagai tempat menampung persoalan masyarakat.

Didalamnya, selain digunakan untuk Restoratve Justice (RJ), juga untuk konsultasi atau urun rembuk terkait masalah hukum perdata dan tata usaha negara.

Sementara itu, Kepala Desa Pesanggrahan, Imam Wahyudi, antusias dengan Sosialisasi APH yang perdana ini.

Pihaknya mengaku mengundang seluruh perangkat desa, lembaga desa, karang taruna dan juga tokoh masyarakat, hingga tokoh agama.

Imam bersyukur atas kegiatan sosialisasi ini, karena berdampak positif. Selain itu, pihak desa dengan APH juga sudah menandatangani MOU kerjasama.

"Harapan kami, sosialisasi hukum seperti ini harus terus digencarkan. Sekaligus membangun komunikasi dengan pihak kepolisian dan kejaksaan Kota Batu," imbuh dia.

Mendatang, Imam berharap permasalahan hukum dilingkungan Desa Pesanggrahan, bisa direspon masyarakat dengan penanganan masalah hukum dengan tepat. (Syaiful Islam)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Desa Pesanggrahan Lokasi Pertama Sosialisasi APH Kota Batu

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT