Jumat, 03 Februari 2023
Hukum

Diduga Rugikan Negara Miliaran Rupiah, Ini Rincian Anggaran Bansos Jamban Sehat 2022

profile
Andy

04 Januari 2023 20:40

1.7k dilihat
Diduga Rugikan Negara Miliaran Rupiah, Ini Rincian Anggaran Bansos Jamban Sehat 2022
Ketua Serikat Konservasi Lingkungan Hidup Indonesia (Srikandi) Sumarti saat mengadukan dugaan mark up program Jamban Sehat 2022 ke Kejari Kabupaten Mojokerto. (SJP)

KABUPATEN MOJOKERTO – Diduga rugikan uang negara hingga miliaran Rupiah, bagaimana rincian anggaran Bansos Jamban Sehat 2022 Kabupaten Mojokerto? 

Ketua Serikat Konservasi Lingkungan Hidup Indonesia (Srikandi) Sumarti mengungkapkan Bantuan Sosial (Bansos) Jamban Sehat 2022 diduga sarat mark up. 

"Kerugian dari program Jamban Sehat 2022 ini bisa mencapai miliaran Rupiah. Beberapa stategi oknum diduga bergerombol mencari untung dari program yang sebenarnya bermanfaat untuk rakyat kecil ini," ungkap Sumartik. 

Lebih lanjut, Sumartik mengatakan, program senilai Rp 18 Miliar ini sengaja dipecah-pecah menjadi 5589, yang mana dananya ditransfer tidak langsung ke penerima bantuan namun ke penyedia bahan bangunan. 

"Bukti yang saya temukan dilapangan penerima bantuan (PB) hanya menerima berupa dua buah buis beton saptic tank, tutup buis beton 1 buah, peralon ukuran 3 dim sepanjang 6 meter dengan merk triliunbasic, kloset jongkok dengan merk Ina, pasir 1 pickup, semen gersik 3 sak, dan bata merah 250 biji," beber Sumartik. 

Menurutnya, kalau ditotal penerima tidak sampai Rp 2,1 juta, namun hanya 1,350 juta, nah sisanya kemana sebesar 750 ribu? kalau dikali 5589 penerima bantuan kita temukan dugaan kerugian negara sekitar Rp 4,2 Miliar. 

"Tak hanya bahan bangunan, ongkos tukang juga menjadi sasaran oknum-oknum perangkat desa, polo dan pendamping diduga. Dari Rp 1 juta penerima bantuan hanya mendapat Rp 800 ribu. Kalau 200 ribu dikalikan 5589 penerima bantuan, diduga ada pungli sekitar Rp 1,2 Miliar, " tukasnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman  dan Perhubungan (DPRKP) Kabupaten Mojokerto, Rahmat Suhariyono mengatakan pihaknya segaja menyalurkan program Bansos Jamban sehat 2022 melewati toko bangunan. Ia beralasan dengan disalurkan ke toko bangunan bansos ini dapat dikerjakan oleh penerima bantuan sesuai juknisnya. 

"Jangan sampai uang 3,1 juta dibuat bayar hutang atau beli TV. Makanya kami salurkan lewat toko bangunan biar berbentuk bahan bangunan," jelasnya ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya DPRKP, Kamis (29/12/2022) lalu.

Dalam proses pembangunan jamban itu, pihaknya melibatkan partisipasi masyarakat untuk penyedia bahan bangunan yang ditunjuk oleh PB. Setidaknya, sekitar 50 toko bangunan yang berpartisipasi dalam program ini. Toko bangunan ini tersebar di 18 kecamatan. 

"Program ini semacam padat karya. Jadi kita memanfaatkan tenaga kerja lokal dan penyedia barang yang ada di lokasi pembangunan," terangnya. 

Lebih lanjut dikatakannya, program jamban sehat ini  mengacu pada Perbup Mojokerto  nomor 15 tahun 2012 tentang pemberian hibah dan bantuan. Untuk memastikan pelaksanaan kegiatan ini berjalan dengan baik, Ia melibatkan stackholder terkait.  Bupati Mojokerto juga telah menerbitkan petunjuk teknis dengan nomor 188.45/381/HK/416-012/2022.

“Program jamban sehat kami melibatkan Dinkes untuk pengajuan data bagi penerima bantuan, Dinsos untuk verifikasi validasi (Verval), dan Kejaksaan/kepolisian dalam pendampingan,“ cetus Rahmat. 

“Untuk program jamban sehat 2022, anggaran 18 M untuk kontruksi pembuatan WC, dan untuk biaya umum 10 persen, dipakai administrasi, perencanaan, BOP, pengadministrasian, honor Tim Fasilitatir Lapangan (TFL), jadi totalnya 20,5 Miliar,“ pungkasnya. 

Mantan Kabag Pemerintahan Setda Kabupaten Mojokerto juga mengatakan, program jamban sehat dibiayai dari P-APBD Kabupaten Mojokerto tahun 2022. Dalam Bansos ini pihaknya memakai tenaga TFL sebanyak 38 orang. 

"Kita harus apresiasi, TFL ini bisa mencover 100-150 PB (penerima bantuan), bahkan kadang lintas kecamatan," ujarnya. 

Ia menambahkan jangan sampai PB terbebani biaya SPJ. Tidak boleh lagi ada tambahan SPJ kepada PB. 

"Jadi totalnya sekitar Rp 20,5 Milliar dan ini hanya 3 bulan. Kami kerja keras, untuk membuatkan PB ini SPJ, sampai 3 printer kami jebol," terangnya. (Andy)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Diduga Rugikan Negara Miliaran Rupiah, Ini Rincian Anggaran Bansos Jamban Sehat 2022

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT