Kamis, 09 Februari 2023
Hukum

Dugaan Pajak PBB di Kemplang Oknum, Warga Wringinagung Akan Lapor Polisi

profile
Rochul

29 Desember 2022 15:57

1.6k dilihat
Dugaan Pajak PBB di Kemplang Oknum, Warga Wringinagung Akan Lapor Polisi
Warga saat datangi salah satu rumah tokoh masyarakat Desa Wringinagung, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jember yang diduga gelapkan uang pajak. (SJP)

KABUPATEN JEMBER – Dugaan kasus pengemplangan pajak bumi dan bangunan,(PBB) menguap ke permukaan di wilayah desa Wringinagung kecamatan Jombang Jember Jawa timur.

Kasus tersebut mencuat lantaran beberapa warga ketika mendapat bukti bayar pajak tahun 2022 ada yang ganjil yaitu ada yang pajak tidak terbayarkan, padahal warga ada bukti jika sudah membayar kepada salah satu Bayan di desa tersebut.

Dari situlah akhirnya warga geram dan berkeluh kesah kepada tokoh masyarakat setempat untuk berkomunikasi dan berkoordinasi perihal kasus pajak yang sudah terbayar namun sangat aneh dirasa warga masih ada tunggakan beberapa tahun.

"Kan aneh mas, padahal saya tertib bayar pajak bumi dan bangunan, namun pada saat saya dapat SPPT pajak tahun 2022 kok saya ada hutang tahun 2021 dan tahun lain, ini kan sangat aneh, padahal uang sudah saya kasihkan ke pak bayan," Kata Ponidi warga jalan Manggis, Dusun Krajan 2 saat ditemui di salah satu rumah tokoh masyarakat.

Tidak hanya itu saja, lebih lanjut Ponidi yang kebetulan datang bersama tiga rekannya tersebut juga menyampaikan jika akan melapor ke polisi dan butuh pengawalan tokoh masyarakat.


"Ini sudah tidak benar pak, saya akan lapor polisi, ini barang bukti sudah lengkap, dan keluarga saya juga banyak yang mengalami hal serupa seperti, maka dari itu saya ingin tahu siapa yang makan uang pajak ini," ungkap Ponidi.

Hampir sama yang di ucapkan Ponidi, Hadori dan Nur Hadi Yanto warga sekitar juga mengalami hal serupa yaitu ada pajak tidak terbayar dengan nilai kalkulasi kurang lebih 800 ribuan per tahun dengan kriteria beberapa petak sawah atau bangunan serta lahan yang sudah dibayar sama mereka namun ketika di lihat pada tahun 2022 mereka ada tunggakan.

Menyikapi kedatangan warga, salah satu tokoh masyarakat bernama Nur Yasin Khumaidi menyampaikan jika pihaknya akan menampung keluh kesah warga dan apa yang disampaikan warga akan di akomodir seperti halnya membuat posko pengaduan dirumahnya dan mengawal mereka jika memang akan melaporkan hal tersebut ke pihak kepolisian.

"Warga datang saya tampung, karena saya pribadi adalah pengurus Wali,( Warga Wringinagung peduli), dan saya kawal hingga masalah ini clear," Ungkap Yasin.

Lebih lanjut Yasin menerangkan, jika warga hingga sampai detik ini sudah ada 30 yang mengadu terkait indikasi dugaan penggelapan pajak , maka dari itu saya atas ide warga suruh membuat posko pengaduan saya besok laksanakan segera demi masyarakat Wringinagung. (Ulum)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Dugaan Pajak PBB di Kemplang Oknum, Warga Wringinagung Akan Lapor Polisi

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT