Selasa, 27 September 2022
Hukum

Handphone Jadi Atensi, Lapas Mojokerto Musnahkan Ratusan Barang Sitaan Hasil Razia

profile
Andy

12 September 2022 17:52

576 dilihat
Handphone Jadi Atensi, Lapas Mojokerto Musnahkan Ratusan Barang Sitaan Hasil Razia
Lapas Mojokerto memusnahkan barang sitaan hasil razia dan penyelundupan. (SJP)

KOTA MOJOKERTO – Musnahkan ratusan barang sitaan, handphone menjadi atensi (perhatian) lapas kelas IIB Mojokerto, Senin (12/9/2022) pagi.

Kalapas Mojokerto, Dedy Cahyadi mengatakan, pagi ini pihaknya memusnahkan barang sitaan hasil razia, penggeledahan pengunjung dan penyelundupan di areal berangang.

"Ada ratusan barang sitaan yang akan kami musnahkan pagi hari ini. Yakni, kartu remi sebanyak 26 pak, charger sejumlah 26 buah, senjata tajam (sajam) rakitan 62 buah, sendok 40 buah, gunting 11 buah, handphone jadul 1 unit, baterai handphone 1 unit, 6 unit smartphone, 10 unit headser, 5 buah kabel data, 2 unit power bank, 1 buah pecut, 1 pak kartu domino, 7 buah gunting kuku, 1 colokan rakitan, 1 unit capif dahi dan 1 watu," rinci Kalapas.

Lebih lanjut dikatakan Dedy Cahyadi, barang sitaan yang dimusnahkan hari ini berasal dari razia di blok hunian, penggeledahan di ruang pengunjung, serta temuan barang selundupan yang ada dari areal berangan lapas, sekitar tembok ini.

"Yang kita fokuskan di sini adalah barang sitaan di areal berangang, yang mana semua itu hasil upaya penyelundupan pihak-pihak yang ada di luar. Karena ketika dilempar itu belum dipegang atau diambil oleh warga binaan, maka kita amankan dan buatkan berita acara penyitaan. Sehingga, pada pagi hari ini kita musnahkan bersama rekan-rekan danramil dan polsek," jelas Dedy.

Meurutnya, dua minggu ini agak ramai, sekitar empat atau lima pelemparan barang selundupan, yang kebanyakan berupa handphone. Biasanya dalam satu bulan, empat atau lima saja, sehingga ini menjadi atensi pihaknya, yang selalu disinergikan dengan rekan-rekan di wilayah koramil dan polsek. Handphone atau alat komunikasi yang diselundupkan ke dalam lapas biasanya dibungkus dengan karton atau kain, agar tidak pecah ketika dilempar.

"Handphone menjadi suatu kebutuhan bagi setiap orang saat ini, apalagi harga handphone sekarang ini relatif murah, tidak seperti dahulu lagi dan juga belum ada delik untuk tindak penyelundupan handphone ke dalam lapas. Ini menjadi tantangan buat kami di lapas untuk bisa selalu menjaga konsistensi lapas ini bersih dari barang terlarang," tuturnya.

Kalapas Mojokerto, Dedy Cahyadi

Tak hanya handphone, sambung Kalapas Mojokerto, pihaknya juga mengamankan sajam rakitan yang biasanya dibuat oleh penghuni lapas baru.

Biasanya mereka membuat sajam tersebut untuk melindungi dirinya, mengingat ketika seseorang baru masuk lapas, ada kekhawatiran, jika sebelumnya di luar ia adalah preman, maka ketika masuk, takutnya ada yang balas dendam.

"Selain itu, kami juga sebenarnya sudah menyediakan alat komunikasi berupa telepon biasa, ada juga yang video call yang bisa digunakan warga binaan. Dimana semuanya direkam, sehingga kalau ada tindak pidana lainnya, kami bisa tracking dan lacak. Penggeledahan barang sitaan terutama handphone ini merupakan upaya kami agar tidak terjadi pengendalian hal-hal yang tidak diinginkan seperti narkoba dari dalam lapas," tegasnya. (Andy)

Editor: Doi Nuri

Tags
Anda Sedang Membaca:

Handphone Jadi Atensi, Lapas Mojokerto Musnahkan Ratusan Barang Sitaan Hasil Razia

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT