Selasa, 27 September 2022
Hukum

Kapolres Lumajang Blusukan Sambung Silaturahim Warga Sekaligus Pastikan Kamtibmas

profile
Achmad

15 April 2022 18:19

318 dilihat
Kapolres Lumajang Blusukan Sambung Silaturahim Warga Sekaligus Pastikan  Kamtibmas

LUMAJANG - Pada bulan Ramadan Kapolres Lumajang, AKBP Dewa Putu Eka Darmawan blusukan ke sejumlah warga yang sedang melakukan Sistem Keamanan Lingkungan  (Siskamling), Kamis (14/4/2022) tadi malam.

Di Dusun Curah Pakem, Desa Mlawang, Kecamatan Klakah, Lumajang, Kapolres didampingi Kapolsek Klakah, Iptu Khoirin Hariyanto bersama anggota berbincang dengan Kepala Dusun, tokoh masyarakat dan pemuda.

"Sepulang dari mendampingi kegiatan vaksinani di Desa Sawaran Lor, Kecamatan Klakah, saya mencoba membangun komunikasi dengan sejumlah warga, terkait Kamtibmas," katanya SJP, Jumat (15/4/2022) pagi tadi.

Menurut Kapolres, sudah seharusnya di tiap - tiap lingkungan ada kekompakan layaknya yang ia lihat langsung malam itu. Ada posko tempat kumpul warga untuk jaga keamanan, berikut wadah bersilaturahmi antarwarga.

"Saya hampir dua bulan di sini menjabat sebagai Kapolres Lumajang. Jadi sebagai pejabat yang baru, saya sempatkan berkeliling," ujarnya.

"Kebetulan di 21 kecamatan kemarin sudah, dan malam ini saya terus lanjutkan, ingin melihat - lihat suasana yang sebenarnya wilayah Lumajang ini, terlebih di malam hari," terang AKBP Dewa Putu.

Soal pencurian sapi, turut menjadi obrolan atau perbincangan saat itu. Mantan Kapolres Madiun ini juga mengimbau, sebaiknya warga terus merawat kekompakan.

"Sudah tentu kalau kami (Polres Lumajang) bekerja sendiri tanpa ada sinergi dan dukungan dari masyarakat, itu akan kesulitan," katanya.

Hal ini, lanjut pria kelahiran Kupang ini, karena jumlah personil  belum sebanding dengan luas wilayah yang ada

Sementara Kepala Dusun Curah Pakem, Desa Mlawang, Salam, mengapresiasi kunjungan Kapolres Lumajang dan merasa kagum.

Menurutnya Kapolres merupakan sosok bersahaja, mau turun langsung ke masyarakat dan mudah akrab sehingga secara tidak langsung, menjadi motivasi bagi dirinya dan warga, untuk turut serta menjaga keamanan lingkungan. 

"Bapak ini baik, luas wawasannya. Apa yang disampaikan jadi penyemangat kami di sini, timbul rasa tanggung jawab pada keamanan lingkungan," ucap Salam.

Selebihnya ia menaruh harap, wilayah hukum Polres Lumajang dibawah komando AKBP Dewa Putu Eka Darmawan, akan terus lebih baik dari waktu ke waktu.

"Terkait kekompakan, dilingkungan kami pastikan sesuai harapan. Itu bentuk dukungan dari kami warga Desa Mlawang atas upaya yang dilakukan oleh Bapak Kapolres," ujarnya.

Dia juga menjamin lingkungan di Dusun Curah Pakem terhitung baik sehingga sendi-sendi kehidupan masyarakat salah satunya perekonomian akan terus terdorong maju didukung lingkungannya yang aman.

Editor: Noordin Djihad

Tags
Anda Sedang Membaca:

Kapolres Lumajang Blusukan Sambung Silaturahim Warga Sekaligus Pastikan Kamtibmas

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT