Selasa, 28 Juni 2022
Hukum

Penyebar Video Kerusuhan Pasar Tanjung Jember Dibekuk Polisi

profile
Rochul

12 Juli 2021 16:00

153 dilihat
Penyebar Video Kerusuhan Pasar Tanjung Jember Dibekuk Polisi
Pelaku Penyebar Video Hoax Kerusuhan Pedagang  Dan Petugas Di Pasar Tanjung Jember

JEMBER, - Agus Dian Toro warga yang tinggal di Kacapiring Kelurahan Gebang Kecamatan Patrang Jember, Rabu (7/7/2021) diamankan jajaran Satreskrim Polres Jember, AD diamankan setelah memposting info hoax yang dibumbui kata-kata provokatif.

“Iya pelaku warga gebang yang menyebarkan info hoax berupa video kerusuahn pedagang dengan petugas yang diunggah di facebook, dimana dalam vidio tersebut disebutkan jika lokasi kerusuhan di Pasar Tanjung, tidak hanya itu, pelaku juga menambahi kata-kata provokatif dalam postingannya,” Kata Kasatreskrim Polres Jember AKP. Komang Yogi Arya Wiguna Rabu (7/7/2021). 

Menurut Kasatreskrim, motif dari pelaku menyebar info hoax tersebut, karena merasa jengkel dan kesal dengan adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, sehingga ia melampiaskannya dengan menyebar info tersebut.

 “Jadi motif pelaku karena kesal dengan adanya PPKM Darurat, menurutnya PPKM Darurat menyebabkan kegiatannya dibatasi,” Ungkap Kasatreskrim.

Kasatreskrim juga menjelaskan, bahwa video kerusuhan pedagang dengan petugas yang diunggah oleh pelaku, kejadian sebenarnya bukan di Jember atau di pulau Jawa, tapi kejadian tersebut di Aceh yang sudah terjadi beberapa bulan yang lalu sebelum pemberlakuan PPKM Darurat.

 “Kalau video tentang kerusuhan yang diunggah, itu terjadi bukan di Jember atau pulau jawa, tapi di Aceh, kejadiannya sudah lebih dari satu bulan,” Terangnya.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, Kasatreskrim mengatakan jika pelaku bisa dijerat dengan UU ITE karena menyebar info hoax atau berita bohong. “Kalau ancamannya penjara lima tahun,” tuturnya.

Sementara dari penelusuran media, video yang beredar di beberapa media sosial, baik facebook maupun whatsapp, kerusahan pasar yang viral tersebut ‘dilabeli’ dengan situasi pasar beberapa daerah, tidak hanya di Jember, tapi juga di pasar Kandangan Kediri, serta di daerah lainnya.

Sedangkan untuk di Jember sendiri, media ini mendapatkan akun facebook dengan nama Dian memposting video tersebut dengan menambahi kalimat “Age Tetep lokdown Jember, Remuk kabeh ndasmu Saiki, Kate bok pakani ta rakyatmu karo untune” (Ayo mau tetep melockdown Jember? hancur semua sekarang kepalamu, mau diberi makan apa rakyatmu,” tulis akun Dian dalam postingannya.

Sedangkan dimedia Sosial WhatsApp beberapa warga yang mendapatkan video dari temannya berusaha mencari info yang akurat kepada beberapa sumber informasi salah satunya tanya langsung kepada insan media, apakah ini Jember. 

Lantas dengan adanya informasi tersebut, beberapa warga akhirnya paham jika video itu hoax dan tidak terjadi di Jember juga.(Lum)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Penyebar Video Kerusuhan Pasar Tanjung Jember Dibekuk Polisi

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT