Kamis, 06 Oktober 2022
Hukum

Pimpinan Bank Jatim Cabang Mojokerto Diputus Lebih Rendah, Kejari Kota Mojokerto Pikir-pikir

profile
Andy

19 Agustus 2022 21:37

674 dilihat
Pimpinan Bank Jatim Cabang Mojokerto Diputus Lebih Rendah, Kejari Kota Mojokerto Pikir-pikir
Suasana sidang korupsi pimpinan Bank Jatim cabang Mojokerto. (SJP)

MOJOKERTO - Mantan pimpinan Bank Jatim cabang Mojokerto Amiruddin akhirnya diputus dengan hukuman 6 tahun penjara dan  denda Rp 300 juta subsider 3 bulan, Jumat (19/8/2022) di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Surabaya.

Kasi Intel Kejari Kota Mojokerto, Ali Prakosa menyampaikan, putusan ini diberikan karena terdakwa bersekongkol dengan dua terdakwa lainnya, melakukan tindak pidana korupsi Penyaluran Kredit Modal Kerja (KMK) senilai Rp1,1 miliar. 

"Sedangkan, Rizka Arifiandi selaku penyelia operasional kredit juga diputus dengan hukuman yang sama dengan Amiruddin. Yakni, 6 tahun penjara dan denda Rp 300 juta subsider 3 bulan. Lain halnya, dengan Iwan Sulistiono selaku Komisaris PT Mega Cipta Selaras," ungkap Ali Prakosa.

Lebih lanjut, Ali Prakosa mengatakan, untuk Iwan Sulistiono diputus bersalah dengan hukuman yang lebih berat. Yakni, pidana pokok 7 tahun penjara, denda Rp 300 juta dengan subsider 3 bulan dan ang pengganti sesuai tuntutan subsider 2 tahun.

"Semua terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar Pasal 2 ayat 1 atau Subsider Pasal 3 Jo. Pasal 18 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 Tentang Perubahan Atas UU 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tipikor Jo. Pasal 55 ayat (1) Ke-1 KUHPidana," tuturnya.

"Terkait putusan Pengadilan Tipikor Surabaya yang lebih rendah dari dakwaan, JPU masih pikir-pikir selama 7 hari untuk mengajukan banding atau tidak," pungkasnya.

Sedangkan, terdakwa Rizka Arifiandi  dan H. Amiruddin, SE, MM menyatakan Banding Namun, Iwan Sulistiono masih pikir-pikir.

Perlu diketahui, kasus ini bermula saat Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Mojokerto menemukan dugaan kredit macet di bank daerah cabang Mojokerto. Sesuai laporan hasil audit BPKP Kantor Perwakilan Jatim, pada 7 Desember 2021 lalu, ditemukan kerugian negara Rp1,49 miliar.  

Dari hasil penyelidikan sementara, uang tersebut masuk ke pihak swasta. Modus yang dilakukan, dalam pemberian pembiayaan ini diduga menyalahi prosedur. (Andy)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Pimpinan Bank Jatim Cabang Mojokerto Diputus Lebih Rendah, Kejari Kota Mojokerto Pikir-pikir

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT