Rabu, 30 November 2022
Hukum

Polisi Terjunkan Timsus untuk Telusuri Video Viral Dugaan Ilegal Logging di Banyuwangi

profile
Ikhwan

26 Oktober 2022 17:10

410 dilihat
Polisi Terjunkan Timsus untuk Telusuri Video Viral Dugaan Ilegal Logging di Banyuwangi
Kasat Reskrim Polres Banyuwangi, Kompol Iwan Hari Poerwanto. (SJP)

BANYUWANGI - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Banyuwangi membentuk tim khusus guna menyelidiki video viral dugaan ilegal logging di wilayah setempat.

Kasat Reskrim Polres Banyuwangi, Kompol Iwan Hari Poerwanto, mengatakan jika tim bentukannya selanjutnya diterjunkan untuk menggali informasi dimana lokasi dalam video itu.

"Kami sudah membuat tim untuk menelusuri dimana lokasi gambar itu diambil," kata Agus saat memberikan keterangan, Selasa 25 Oktober 2022 kemarin.

Selain itu, lanjut Agus, pihaknya akan memanggil pemilik akun instagram @bwi24jam yang pertama kali mengunggah video tersebut.

"Kita tanya nanti yang ngasih video siapa, dan videonya itu dimana lokasinya. Sehingga kita bisa dengan mudah melakukan tindak lanjut," ujarnya.

Agus menambahkan, jika lokasi pohon kelapa yang bertumbangan sudah ditemukan. Timsus akan langsung cek TKP untuk memastikan apakah ada penebangan atau tidak.

"Jika benar ada penebangan, kita cek juga apakah ada dampak atau tidak dengan kondisi banjir saat ini. Kita tidak bisa menyimpulkan, karena Itu perlu ahli untuk menilai," cetusnya.

Namun, masih kata Agus, jika melihat dari video yang beredar. Kejadian tersebut bukan di hutan melainkan di perkebunan

"Kalau pohon kelapa itu kan pohon yang ditanam, berarti bukan di hutan tapi di perkebunan. Logikanya begitu. Akan tetapi kita pastikan dulu lokasinya dimana, apakah benar di Banyuwangi atau tidak," tegasnya.

Di sisi lain, Agus membeberkan jika persoalan mengenai illegal logging atau pembalakan secara liar sudah beberapa kali pihaknya tangani.

"Upaya penegakan hukum terkait illegal logging sudah beberapa kali kita lakukan baik temuan kita sendiri maupun respon dari Perhutani," tandasnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, di tengah musim penghujan sebuah video berdurasi 2 menit 50 detik viral di media sosial memperlihatkan area perbukitan yang sebagian sudah gundul.

Dalam video yang diunggah akun instagram @bwi24jam itu nampak banyak pohon-pohon kelapa yang bertumbangan. Insiden itu diduga terjadi di Banyuwangi. (Ikhwan)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Polisi Terjunkan Timsus untuk Telusuri Video Viral Dugaan Ilegal Logging di Banyuwangi

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT