Jumat, 03 Februari 2023
Hukum

Polres Pamekasan Tahan Oknum LSM yang Diduga Peras Mahasiswi

profile
Faisol

26 Oktober 2022 17:18

764 dilihat
Polres Pamekasan Tahan Oknum LSM yang Diduga Peras Mahasiswi
Terduga tersangka yang merupakan LSM diamankan Polres Pamekasan

PAMEKASAN - Polisi menangkap oknum LSM berinisial AR, warga Desa Bicorong, Kecamatan Pakong, Kabupaten Pamekasan, pelaku penipuan dan penggelapan.

Modus pelaku yakni mengaku bisa menutup kasus Foni Oktavia Diansari, warga Kelurahan Kebunan, Kabupaten Sumenep, yang statusnya sebagai terlapor di Polres Pamekasan.

Kasubbag Humas Polres Pamekasan AKP Nining Dyah mengatakan bahwa pada tanggal 29 Juni 2022 lalu, terjadi tindak pidana penipuan terhadap Foni yang dilakukan oleh AR.

Mulanya, kata dia, AR menawarkan kepada Foni untuk menyelesaikan permasalahan yang sedang dialami oleh Foni.

“Saat itu, AR meminta uang kepada Foni sebesar Rp 10.000.000 dengan alasan akan diberikan kepada Kasat Reskim  dan Kanit Idik yang menangani permasalahan saksi pelapor (Foni),” ucapnya.

Pada saat itu, Foni memiliki permasalahan di Satreskrim Polres Pamekasan dengan status terlapor, sehingga dengan adanya momentum tersebut dimanfaatkan oleh AR untuk meminta sejumlah uang.

“Kemudian saksi korban tergerak hatinya dan menyerahkan uang sebesar tersebut kepada AR dengan cara mentransfer ke rekening BRI atasnama Mohammad Sueb Sanjani,” terangnya.

Dikatakan Nining, korban baru sadar dan merasa tertipu ketika pihak kepolisian resor Pamekasan masih saja mengirimkan surat undangan klarifikasi, kemudian korban menceritakan musibahnya kepada penyidik.

Saat itu pula, penyidik mengklarifikasi kepada Foni bahwa pihak penyidik Polres Pamekasan tidak pernah meminta apapun kepada AR.

“Akibat kejadian tersebut, pelapor mengalami kerugian sebesar Rp 10.000.000, sehingga korban melaporkan kejadian tersebut ke Polres Pamekasan guna penyelidikan lebih lanjut,” paparnya.

Atas dasar nomor lapor LP/B/402/VIII/2022/SPKT/PolresPamekasan/PoldaJawaTimur, Satreskrim Polres Pamekasan menjemput paksa pelaku dirumahnya.

Akibat perbuatannya, pelaku yang merupakan oknum LSM dikenakan pasal 378 KUHP atau 372 KUHP tentang tindak pidana penipuan atau penggelapan. (Faisol)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Polres Pamekasan Tahan Oknum LSM yang Diduga Peras Mahasiswi

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT