Rabu, 30 November 2022
Hukum

Restorative Justice Kedua di Kota Batu, Bebaskan Eks Tersangka Pencurian Sepeda Motor

profile
Doi

30 Agustus 2022 19:47

520 dilihat
Restorative Justice Kedua di Kota Batu, Bebaskan Eks Tersangka Pencurian Sepeda Motor
Proses Restorative Justice oleh Kejaksaan Negeri Batu dan Pemerintah Desa Junrejo, Kota Batu. (SJP)

KOTA BATU – Peristiwa Restorative Justice (RJ) kedua di Kota Batu kembali terjadi, dan membebaskan eks tersangka berinisial MF (34).

Sebelumnya, MF terjerat hukum akibat perbuatannya mencuri sepeda motor. MF menerima perlakuan RJ di Kantor Desa Junrejo, Kota Batu. Selasa (30/8/2022). 

MF dapat dibebaskan setelah dilakukan penahanan di Polres Batu dan Lapas Kelas I Malang Lowokwaru sejak 21 Juni lalu. 

Dalam proses RJ tersebut hadir juga Kepala Kejaksaan Negeri Kota Batu, Agus Rujito dan Kepala Desa Junrejo, Andi Faisal Hasan. 

Datang ke lokasi RJ, MF datang dijemput menggunakan kendaraan tahanan dari lapas ke kantor desa dengan masih menggunakan rompi tahanan dan tangan diborgol. 

Kepala Kejaksaan Negeri Kota Batu, Agus Rujito mengatakan ada beberapa hal pertimbangan dilakukan RJ terhadap MF. 

Seperti, tersangka baru pertama kali melakukan tindak pidana. Kemudian tindak pidana pasal 362 KUHP yang diancam dengan penjara tidak lebih dari 5 tahun. 

Selain itu telah terjadi perdamaian dengan permintaan maaf antara MF kepada pemilik sepeda motor pada Kamis 18 Agustus 2022 lalu.

"Dengan pertimbangan yang ada sehingga oleh pimpinan disetujui untuk dilakukan Restorative Justice. Sehingga yang bersangkutan bisa kembali ke masyarakat dan keluarga dan dapat melakukan kegiatan sehari-hari seperti sediakala," katanya. 

Dia mengatakan bahwa MF mencuri karena dengan alasan terpaksa untuk menebus sepeda motor orangtuanya yang digadaikan. 

Agus menegaskan, pemilik sepeda motor yang dicuri secara suka rela telah menyadari kondisi MF dan memaafkannya.

"Pemilik kendaraan pun memaafkan. Dan juga melihat situasi dan kondisi, setelah ada sikap tersebut, kita memohon RJ kepada pimpinan dan disetujui. Jadi si eks pelaku ini telah menyesali perbuatannya dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya," katanya. 

Sekadar informasi, kronologi pencurian sepeda motor yang dilakukan MF terjadi pada Minggu 19 Juni 2022 lalu, sekitar pukul 13.00 WIB di halaman Pabrik CV Delta Raya, Jalan Hasanudin, Desa Junrejo, Kota Batu. 

Saat itu, MF mencuri satu unit sepeda motor jenis Yamaha Vega R berwarna Silver tahun 2006 dengan Nopol W 3087 NW yaitu milik Yuvie Pradana. (Doi Nuri)

Editor: Redaksi 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Restorative Justice Kedua di Kota Batu, Bebaskan Eks Tersangka Pencurian Sepeda Motor

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT