Jumat, 03 Februari 2023
Hukum

Tak Hadiri Sidang, Saksi Korban Uci Flowdea Malah Liburan di Eropa

profile
jefri

09 Januari 2023 10:47

1.5k dilihat
Tak Hadiri Sidang, Saksi Korban Uci Flowdea Malah Liburan di Eropa
Terdakwa Medina Zein saat mengikuti persidangan. (SJP)

SURABAYA Sidang lanjutan terdakwa Medina Susani, alias Medina Zein dalam perkara dugaan penipuan jual beli tas Hermes palsu dalam agenda mendengarkan keterangan saksi Iqbal Fauzi Firdaus.

Ia dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) di ruang Cakra PN Surabaya, Kamis 5 Januari 2023 lalu, dalam perkara Medina Zein dengan saksi Korban Uci Flowdea Sudjiati.

Dalam keterangan saksi Iqbal, didepan ketua majelis hakim, dirinya mengaku sebatas hubungan kerja dengan terdakwa Medina Zein.

"Saat itu saya menawarkan diri untuk mengirimkan tas ke rumah Mbak Uci di Surabaya. Sekali-kali untuk silaturahmi ke Mbak Uci karna sudah kenal,” kata Iqbal kemarin. 

Iqbal mengaku bingung, saat mengantar tas tersebut, malah dikembalikan lagi ke terdakwa Medina.

“Saya pusing yang Mulia, karena tidak tahu apa-apa. Sampai di rumah Mbak Uci, tas tersebut dikembalikan,” aku Iqbal.

Masih pengakuan Iqbal, bersama temannya ia mengantarkan empat tas Hermes kepada saksi korban Uci Flowdea di perumahan Graha Family, Surabaya.

"Semua ongkos perjalanan transportasi ditanggung Medina Zein. Kirim ke rumahnya Mbak Uci di perumahan Graha Family, Surabaya, dengan naik kereta api,” tambahnya.

Iqbal menegaskan, ingin agar Uci Flowdea dan Medina bisa berdamai. Hal itu diungkapkan saksi, lantaran mengaku kedua pengusaha tersebut sama-sama rekan dekatnya.

"Saya berharap bisa berakhir damai keduanya," kata Iqbal.

Sedangkan untuk saksi korban, Uci Flowdea Sudjiati yang dijadwalkan keterangan dipersidangan , justru melakukan agenda perjalanan trip wisata ke Eropa.

Dikabarkan, Uci dalam kegiatan syuting film dan pertemuan bisnis sejak tanggal 4 hingga 19 Januari 2023.

"Saya sudah sampaikan kepada pihak kejaksaan saat itu. Yang berkaitan dengan saya dalam perkara tersebut sebagai saksi untuk didengarkan kalau bisa sebelum tanggal 04 Januari atau sesudah 19 Januari 2023," katanya.

"Karna memang jadwal saya padat berbarengan semua," ujarnya.

Dalam penjelasan daring, Uci Flowedea mengatakan terhadap saksi Iqbal yang dihadirkan JPU, mengaku kenal sebatas penggemar (fans,red) saja.

"Iqbal, itu orang Bandung dan sudah lama ngefans saya. Jadi, kalau sampai dibilang ada hubungan lain dari itu tidak ada, namanya fans ya kemana-mana terkadang bisa tahu melalui follow akun daring medsos saya. Kan boleh saja," terangnya.

Disinggung soal pernah ada foto berpelukan dan menginginkan damai dengan pihak terdakwa Medina Zein, Uci menegaskan damai bersyarat.

"Ya kalau ingin damai, kan sudah jauh hari saya sampaikan, cukup dengan syarat balikin dulu uang saya, dan pulihkan nama baik saya, itu saja kok," tandasnya.

Kuasa hukum terdakwa Medina Zein, Soetomo mengatakan, keberatan dengan persidangan ini, pasalnya selama sidang Medina tidak dapat dihadirkan langsung dan sidang hanya digelar secara online atau virtual. 

“Banyak hambatan seperti signal suara tidak terdengar keluar, dan penunjukan bukti tidak bisa dilihat secara fisik dengan jelas hingga tidak bisa mengetahui tas tersebut palsu atau tidak,” sanggahnya.

Sementara JPU Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjung Perak Surabaya, Ugik Rahmantyo sebelumnya dengan bacaan dakwaannya di PN Surabaya pada 29 November 2022 lalu. 

Setelah dilakukan proses uji keaslian produk tas ke pihak Hermes International. Ternyata sempat dinyatakan palsu.

"Mereka menyatakan tas itu produk palsu," kata jaksa Ugik Ramantyo.

Imbas kasus ini, Uci diperkirakan mengalami kerugian sebesar Rp 1,2 miliar. "Sehingga, Uci Flowdea mengalami kerugian kurang lebih sebesar Rp 1,2 miliar," jelas jeksa. 

Akibatnya, Medina didakwa Pasal 62 ayat (1) juncto Pasal 9 ayat (1) huruf a Undang-undang Nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Pasal 378 KUHP tentang Penipuan.(Jefri Yulianto)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Tak Hadiri Sidang, Saksi Korban Uci Flowdea Malah Liburan di Eropa

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT