Rabu, 07 Desember 2022
Hukum

Tak Tilang Manual, Dua Mobil INCAR Siap Tilang Pelanggar di Mojokerto

profile
Andy

29 Oktober 2022 16:24

676 dilihat
Tak Tilang Manual, Dua Mobil INCAR Siap Tilang Pelanggar di Mojokerto
Tilang elektronik dengan mobil INCAR milik Polres Mojokerto. (SJP)

MOJOKERTO – Tak boleh tilang manual, Satlantas Polres Mojokerto maksimalkan mobil INCAR (Integrated Node Capture Attitude Record) dalam melakukan tilang elektronik.

Kasat Lantas Polres Mojokerto, AKP Muhammad Bayu Agustyan mengatakan, sesuai dengan insttuksi Kapolri terkait pelarangan tilang manual. Maka, pihaknya memaksimalkan penggunaan tilang elektronik menggunakan mobil INCAR.

"Kami memiliki dua mobil INCAR yang tiap harinya akan berkeliling di wilayah hukum Polres Mojokerto untuk melakukan tilang elektronik. Dalam dua minggu terakhir ini sudah 534 tilang yang sudah kami lakukan," tutur AKP Muhammad Bayu Agustyan.

Kasat Lantas Polres Mojokerto, AKP Muhammad Bayu Agustyan

Lebih lanjut, Muhammad Bayu Agustyan menyampaikan, dari 534 kendaraan yang pihaknya tilang tersebut, 111 kendaraan diantaranya sudah melakukan konfirmasi tilang. Yang selanjutnya akan diarahkan untuk membayar denda tilang sesuai dengan surat tilang yang dikirimkan ke alamat rumah yang sesuai dengan STNK-nya.

"Jadi, setelah dilakukan tilang menggunakan mobil INCAR, petugas akan mengirimkan surat konfirmasi lengkap beserta QR code, foto pelanggaran, tempat dan waktu terjadinya pelanggaran. Selanjutnya, pemilik kendaraan akan melakukan scan QR Code yang kemudiaj dilanjutkan dengan konfirmasi tindak pelanggaran yang dilakukan," bebernya.

Menurutnya, kemudian pemilik kendaraan akan mendapatkan sms konfirmasi tilang beserta jumlah yang akan dibayarkan berupa link. Nantinya, pelanggar atau pemilik kendaraan bisa melakukan pembayaran melalui gerai yang ditunjuk. Jika, pelanggar tidak mengindahkan hingga batas waktu yang tertulis di surat tersebut, maka secara otomatis STNKnya akan diblokir.

"Sehingga, waktu membayar perpanjangan pajak, pemilik kendaraan tersebut harus membayar pajak terlebih dahulu, barulah pajak STNK bisa dibayarkan karena blokirnya sudah dibuka," tandasnya.

"Jika sebelumnya, tilang bisa manual dan elektronik. Namun, sekarang kami maksimalkan untuk tilang elektronik melalui mobil INCAR. Sedangkan untuk ETLE, kami juga sudah mrngajukan sarana dan prasaran yang mendukung seperti CCTVnya," pungkasnya. (Andy)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Tak Tilang Manual, Dua Mobil INCAR Siap Tilang Pelanggar di Mojokerto

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT