Rabu, 17 Agustus 2022
Hukum

Terduga Pembunuh Ibu Kandungnya di Situbondo Terancam 15 Tahun Penjara

profile
Sarwo

21 Juli 2022 22:03

538 dilihat
Terduga Pembunuh Ibu Kandungnya di Situbondo Terancam 15 Tahun Penjara
Kapolres Situbondo saat gelar konferensi pers dihadapan puluhan wartawan (SJP)

SITUBONDO - Syahwani (44) warga Dusun Beringin, Desa/Kecamatan Jangkar, Situbondo ditetapkan sebagai tersangka oleh Polres Situbondo, dalam dugaan kasus pembunuhan terhadap nenek Fatimah alias Riyani (70) yang merupakan ibu kandungnya sendiri. Pelaku terancam dengan hukuman penjara 15 tahun.

“Setelah melakukan serangkaian pemeriksaan terhadap saksi-saksi dan olah tempat kejadian perkara (TKP), maka Syahwani, kita tetapkan sebagai tersangka pembunuhan atau tindak pidana kekerasaan dalam rumah tangga yang mengakibatkan orang tuanya sendiri meninggal,” kata Kapolres Situbondo AKBP Dr Andi Sinjaya saat konfrensi pers dihadapan sejumlah wartawan Selasa 19 Juli 2022.

Sebagaimana laporan polisi yang diterbitkan tanggal 16 Juli 2022, maka Satreskrim Polres Situbondo melakukan serangkaian penyelidikan di sekitar TKP, visum luar, otopsi dan melakukan pemeriksan terhadap 6 saksi, akhirnya terungkap kasus pembunuhan yang dilakukan anak terhadap ibu kandungnya sendiri.

Korban atas nama Fatima alias Riyani meninggal dunia akibat mendapat perlakuan kekerasan dari Syahwani.

“Sebelum perkara ini terungkap, awalnya Syahwani melaporkan adanya dugaan pencurian dengan kekerasaan sesaat setelah peristiwa tersebut terjadi. Namun, setelah penyidik melakukan olah TKP, rekontruksi, visum, otopsi, mengumpulkan bukti-bukti dan keterangan saksi, maka tidak mendapat fakta adanya dugaan pencurian dengan kekerasan tersebut,”tutur Kapolres Situbondo.

Karena tidak ada fakta pencurian dengan kekerasan tersebut, sambung AKBP Andi Sinjaya, maka penyedik Satreskrim Polres Situbondo mendalami kasus ini, dan mendapat keterangan dari tersangka bahwa yang membunuh ibu kandungnya, yakni dirinya sendiri.

“Selanjutnya, kita juga akan melakukan pemeriksaan phikologi terhadap tersangka. Hal ini dilakukan untuk memastikan kondisi kejiwaan tersangka terganggu atau tidak. Jika kejiwaannya normal, maka pelaku akan kita jerat dengan Pasal 44 ayat 3 yunto 5 huruf A Undang Undang RI Nomor 23 Tahun 2004 Tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga dan dilapis dengan Pasal 338 KUHP dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara,” pungkas Kapolres Situbondo.

Barang bukti yang berhasil diamankan penyidik Polres Situbondo diantaranya, gigi palsu korban, satu buah piring plastik warna hijau, satu buah daster warna merah muda motif bunga, satu buah baju lengan panjang warna orange pucat dan satu celana panjang warna hitam. (Sarwo).

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Terduga Pembunuh Ibu Kandungnya di Situbondo Terancam 15 Tahun Penjara

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT