Jumat, 07 Oktober 2022
Hukum

Wanita Cantik Penipu Arisan Online Dibekuk Polres Pamekasan

profile
Faisol

05 Mei 2021 15:56

386 dilihat
Wanita Cantik Penipu Arisan Online Dibekuk Polres Pamekasan

PAMEKASAN - Kasus penipuan berkedok arisan online berhasil diungkap Polres Pamekasan. Tersangkanya seorang perempuan cantik bernama Riskina (25) Desa Larangan Luar, Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan.

Saat ini, wanita cantik yang akrab disapa Riska mendekam di balik jeruji besi (ditahan). Dia terbukti menipu dan menggelapkan uang arisan online milik sejumlah anggotanya mencapai Rp 500 juta.

Kanit II Reskrim Polres Pamekasan Ipda Wahyu Dwi Purnomo mengatakan bahwa tersangka diamankan sejak Senin (3/5/2021) kemaren.

"Uang yang digelapkan tersangka ini dari satu pelapor sekitar Rp 128 juta," kata Ipda Wahyu Dwi Purnomo, Rabu (5/5/2021).

Ia menyebut, terungkapnya kasus penipuan berkedok arisan online ini setelah salah satu anggota Riska bernama Siti Mahmuda lapor polisi pada Rabu 24 Februari 2021 lalu.

Korban mengaku membeli arisan kepada perempuan cantik tersebut dengan harga Rp 15 juta. Namun, tepat gilirannya dapat, tersangka tidak memberikan uang yang disepakati.

Setalah ditelusuri lebih dalam, arisan online yang dijual tersangka kepada sejumlah anggotanya sistem get. Artinya, korban diiming-imingi dapat Rp 20 juta dengan hanya membayar atau membeli Rp 15 juta.

"Ada empat pelapor lain yang melaporkan (Riska) dengan kasus yang sama. Namun kami belum tahu nominal pastinya," terangnya.

Pengakuan tersangka, kata Ipda Wahyu Dwi Purnomo, ada sekitar empat get arisan yang ditawarkan kepada korban. Rinciannya get dapat Rp 10 juta, get dapat Rp 15 juta, get dapat Rp 17 juta, dan get dapat Rp 20 juta.

Setiap get, tersangka menjual arisan itu di bawah harga dengan selisih Rp 3 juta - Rp 5 juta. Perjanjiannya, tersangka akan mencairkan arisan get itu setiap pekan dan setiap bulan. Namun, saat pencairan tiba, tersangka tidak bisa memberikan uang yang dijanjikan.

"Mungkin itu yang membuat korban tergiur untuk ikut arisan get tersebut. Karena dapatnya dilebihkan dari harga beli," paparnya.

Atas perbuatannya, Riska dikenai pasal 372 KUHP, tentang penipuan dan penggelapan dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Wanita Cantik Penipu Arisan Online Dibekuk Polres Pamekasan

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT