Rabu, 17 Agustus 2022
Kesehatan

Agar Lingkungan Sehat, Dinkes Malang Tekankan Sanitasi Dan Jamban Bersih

profile
Senopati

11 Juli 2022 16:39

454 dilihat
Agar Lingkungan Sehat, Dinkes Malang Tekankan Sanitasi Dan Jamban Bersih
Ilustrasi sanitasi dan jamban sehat, layak dan bersih. (SJP)

KABUPATEN MALANG – Sanitasi dan jamban adalah fasilitas umum yang sangat vital dan utama dalam mendukung program pemerintah dalam menciptakan lingkungan bersih dan sehat.

Menurut Kepala Bidang Kesehatan Masayarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, Gunawan D Untoro, lingkungan yang bersih dan sehat tidak lepas dari fasilitas pendukung yaitu sanitasi dan jamban yang bersih.

"Keberadaan sanitasi, jamban, cuci tangan sangat mutlak dan penting harus ada, selain pola hidup sehat dan sehat secara umum," terang Gunawan saat ditemui awak media, Senin (11/7/2022).

Gunawan menambahkan, Kabupaten Malang pada tahun 2021 lalu sudah mencanangkan Program sanitasi aman layak dan sehat serta Program Pemerintah Pusat sejuta jamban sehat nasional, untuk merubah perilaku masyarakat yang lebih sehat dan higienis terutama kebiasaan Buang Air Besar sembarangan

"Jadi program tersebut dilakukan pemerintah untuk menekan resiko angka kesehatan dan kematian pada ibu, bayi, balita serta menekan angka stunting," imbuh Gunawan.

Gerakan Serentak Bangun Jamban adalah salah satu solusi alternatif yang merupakan implementasi dari amanat peraturan perundangan sekaligus untuk memacu percepatan pencapaian akses sanitasi 100% di Kabupaten Malang.

Dengan gerakan tersebut, diharapkan mampu mendorong peran serta semua pihak untuk meningkatkan perhatian pada akses sanitasi dan menjadikan pembangunan sanitasi sebagai prioritas.

Kepada seluruh  Kepala Desa Se Kecamatan Dau untuk memprioritaskan pembangunan sanitasi  dan mendukung terwujudnya desa  bebas Open Defecation Free (ODF) di Kabupaten Malang," tandas Gunawan.

Sebelumnya, Bupati Malang menaruh perhatian khusus perihal sanitasi dan jamban saat bertemu Perwakilan United States Agency for International Development, Indonesia Urban Water Sanitation and Hygiene (USAID IUWASH PLUS) di Surabaya.

Bahwa akses terhadap air minum, sanitasi dan perilaku higienis merupakan aspek penting dalam upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Sejalan dengan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Malang terus berupaya mewujudkan pemenuhan kebutuhan air bersih dan sanitasi yang layak.

"Program tersebut akan melibatkan berbagai pihak, salah satunya USAID IUWASH PLUS. Upaya yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Malang dan USAID IUWASH PLUS, telah berhasil mendapatkan dukungan kemitraan dari Pabrik Gula Kebonagung untuk pembangunan sarana sanitasi sebanyak 28 unit jamban sehat untuk masyarakat di Kabupaten Malang," pungkas Bupati Malang. (Seno)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Agar Lingkungan Sehat, Dinkes Malang Tekankan Sanitasi Dan Jamban Bersih

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT