Selasa, 24 Mei 2022
Kesehatan

Cegah Penularan PMK di Situbondo, Petugas Gabungan Periksa Sapi yang Masuk Pasar Hewan

profile
Sarwo

12 Mei 2022 15:25

518 dilihat
Cegah Penularan PMK di Situbondo, Petugas Gabungan Periksa Sapi yang Masuk Pasar Hewan
Petugas gabungan saat memeriksa mulut dan kuku sapi di pasar hewan Kamisan Asembagus. (Istimewa/Sjp)

SITUBONDO - Guna mencegah penularan PMK (Penyakit Mulut dan Kuku), sejumlah hewan ternak yang masuk Pasar Hewan Kamisan, Kecamatan Asembagus, Situbondo, diperiksa kesehatannya oleh petugas gabungan.

Kabagops Polres Situbondo AKP M Ibnu Maksud didampingi Kapolsek Asembagus Iptu Gede Sukarmadiyasa bersama staf Keswan (Kesehatan Hewan) Asembagus dan Koordinator Pasar Hewan Kamisan, melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap hewan ternak jenis sapi dan kambing sebelum dijual di pasar hewan tersebut.

Langkah antisipasi guna mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PKM) pada hewan ternak. Langkah siaga ini dilakukan karena ada temuan kasus PMK dibeberapa daerah diwilayah Jawa Timur.

"Jadi kita mencegah agar tidak sampai ada kasus yang masuk wilayah Situbondo, hewan ternak yang masuk pasar ini khususnya dari luar kota, kita lakukan pemeriksaan sebelum dijual," kata Kapolsek Asembagus Iptu Gede Sukarmadiyasa saat mendampingi Kabagops Polres Situbondo di pasar Kamisan, Kamis (12/5/2022) siang.

Lebih lanjut Iptu Gede menjelaskan, pemeriksaan di pasar hewan Kamisan Asembagus ini, dilakukan petugas sebelum hewan ternak diturunkan dari atas kendaraan.

"Petugas memeriksa mulut dan kuku hewan ternak yang baru tiba di pasar. Pemeriksaan dilakukan saat hewan masih berada diatas kendaraan, sebelum dijual oleh pemiliknya,"jelas Gede.

Selain melakukan pemeriksaan, sambung Gede, petugas gabungan juga  langsung melakukan penyemprotan disinfektan terhadap hewan ternak tersebut. Tidak hanya itu, pihaknya juga melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat dengan membagikan brosur guna pencegahan penularan PMK.

"Kami juga meminta, agar masyarakat segera melapor ke petugas jika menemukan hewan dalam kondisi tidak sehat. Seperti, hewan ternak jenis sapi, kerbau, kambing, domba dan babi dengan gejala PMK agar segera melaporkan ke puskeswan terdekat agar segera dapat ditangani. Hingga saat ini belum ditemukan PMK pada hewan ternak di pasar hewan ini," tukas Gede.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Cegah Penularan PMK di Situbondo, Petugas Gabungan Periksa Sapi yang Masuk Pasar Hewan

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT