Rabu, 17 Agustus 2022
Kesehatan

Dinilai Kurang Layak, Kadinkes Malang Segera Pindahkan Dua Puskesmas

profile
Senopati

05 Juli 2022 09:54

334 dilihat
Dinilai Kurang Layak, Kadinkes Malang Segera Pindahkan Dua Puskesmas
Puskesmas Pakisaji Kabupaten Malang yang akan segera menempati gedung milik Dinas Ketahanan Pangan

KABUPATEN MALANG - mengacu pada standart prototype puskesmas Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan Kabupaten Malang akan segera memindahkan Puskesmas Pakisaji dan Puskesmas Singosari pada tahun 2022 ini dengan desain dan fasilitas yang lebih lengkap sesuai standart Puskesmas Nasional.

Plt Kepala Dinas Kesehatan, Mursyidah mengatakan, untuk tahun 2022 ini dua Puskesmas segera dipindahkan dengan fasilitas serta desain sesuai prototype dari Kementrian Kesehatan, "Puskesmas Pakisaji akan segera menempati gedung dan lahan yang lebih luas yang saat ini ditempati Dinas Ketahanan Pangan, demikian juga dengan Puskesmas Singosari juga akan menempati kantor Dinas Pariwisata dan kebudayaan," kata Mursyidah usai acara sosialisasi stunting, Senin (4/7/2022).

Mursyidah menambahkan, sebelum dua Puskesmas pindah, pihaknya akan melakukan perbaikan gedung beserta fasilitasnya sesuai standart yang telah ditentukan oleh Kemenkes RI.

Opsinya bisa melalui membangunan Puskesmas dilahan baru atau dengan memanfaatkan gedung Perkantoran milik Pemerintah yang lebih representatif.

"Saya berharap, kedepan semua Puskesmas Di Kabupaten Malang ini akan menjadi Puskesmas Prototype dengan fasilitas yang semakin lengkap,” beber Mursyidah.

Mursyidah menilai kedua Puskesmas tersebut tidak layak dan tidak representatif. Ia mencontohkan seperti di Puskesmas Pakisaji yang terletak di ujung pertigaaan jalan Raya Pakisaji.

Dengan letak puskesmas seperti itu, selain dari gedung yang tidak layak, arus keluar masuk kendaraan operasional seperti Ambulance akan terhambat,ditambah ruangan puskesmas yang kurang representatif.

“Karena itulah Pemerintah dalam hal ini melalui Bapak Bupati mengambil kebijakan untuk dijadikan Puskesmas Prototype yang lebih representatif dan layanan yang lebih lengkap,” ungkap Mursyidah.

Beberapa waktu lalu, Bupati Malang, H.M Sanusi menyatakan, seiring peningkatan pelayanan kesehatan di masyarakat, Pemkab Malang akan memindahkan Puskesmas yang tidak layak untuk dipindahkan ke lokasi yang lebih bagus dan luas, agar supaya pelayanan kesehatan bisa maksimal.

“Agar supaya pelayanan lebih maksimal, ada beberapa puskesmas yang akan saya alihkan, yang pertama adalah Puskesmas di Kecamatan Pakisaji yang lahan parkirnya sempit, dan apabila banyak pasien yang datang berobat antrenya sampai ke jalan raya. Ada lima Puskesmas yang akan direncanakan untuk dipindah, selain Kecamatan Pakisaji ada Puskesmas Bululawang, tajinan, Karangploso dan Puskesmas Singosari, saya minta pada Dinas Kesehatan untuk mendata Puskesmas yang tidak layak dan kurang luas nanti saya minta dicarikan solusi, ada dua Puskesmas yang sudah, Puskesmas Wonokerto dan Sumbermanjing Wetan, kalau tahun kemarin Puskesmas Ngantang sudah naik kelas menjadi RSUD,” pungkas Sanusi.

Editor : Syahrul

Tags
Anda Sedang Membaca:

Dinilai Kurang Layak, Kadinkes Malang Segera Pindahkan Dua Puskesmas

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT