Rabu, 07 Desember 2022
Kesehatan

Dinkes Kabupaten Lumajang Gelar Aksi Bergizi Dilaksanakan Serentak

profile
Achmad

26 Oktober 2022 17:15

482 dilihat
Dinkes Kabupaten Lumajang Gelar Aksi Bergizi Dilaksanakan Serentak
Suasana kegiatan aksi bergizi di salah satu lembaga pendidikan. (SJP)

LUMAJANG – untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia, Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Kadinkes P2KB) Kabupaten Lumajang, gelar gerakan aksi bergizi.

Kadinkes Kabupaten Lumajang, dr Bayu Wibowo Ignasius, kepada wartawan menyampaikan kalau pihaknya lakukan gerakan aksi bergizi, serentak di sejumlah sekolah, Rabu (26/10/2022).

Peningkatan kualitas manusia Indonesia, menurut dr Bayu, bisa dimulai dari pembentukan manusia Indonesia yang memiliki derajat kesehatan yang bagus, pintar dan sejahtera.

Selain itu, untuk menciptakan status kesehatan generasi muda  yang sehat, maka kata dr Bayu, angka stunting harus diturunkan serendah rendahnya.

"Salah satu intervensi adalah dengan menekan anemia gizi pada remaja putri, dengan pemberian tablet tambah darah (TTD)," tambahnya.

Peningkatan status gizi dengan perilaku makan gizi seimbang itu, kata dr Bayu bisa dari sayur, protein hewani dan olahraga teratur dan terukur.

Kebiasaan tersebut bila dijalankan dengan baik dan berkesinambungan, ditegaskan dr Bayu, akan meningkatkan derajat kesehatan dan menunjang peningkatan kualitas manusia Indonesia.

"Menekan angka stanting dan meningkatkan prestasi belajar generasi yang lebih sehat dan pintar generasi yang lebih berkualitas dan lebih sejahtera," paparnya lagi.

Dari pantauan awak media, aksi bergizi ini diawali dengan senam pagi bersama, sarapan pagi bersama dengan bekal membawa sendiri, minum tablet tambah darah dari petugas puskesmas setempat dan kegiatan edukasi aksi bergizi.

Sementara itu, dukungan kegiatan terlihat dari Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Lumajang, Supratman.

Pada media ini, beliau mengatakan kalau dalam rangka pertumbuhan anak menjadi anak yang sehat dan bermutu, aksi bergizi sangat penting sekali.

"Dan khusus balita, juga terkait stunting, anggaran sudah kami siapkan untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten Lumajang," katanya.

Wakil rakyat asal Kecamatan Senduro ini mengatakan juga, pada tahun 2023 mendatang, penanganan masalah gizi sangat perlu ditingkatkan.

"Semoga anak di Kabupaten Lumajang kesehatannya lebih baik lagi," pungkasnya. (Fuad)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Dinkes Kabupaten Lumajang Gelar Aksi Bergizi Dilaksanakan Serentak

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT