Jumat, 20 Mei 2022
Kesehatan

Dinkes Lumajang Gunakan KIE Sebagai Upaya Pencepatan Capaian Vaksinasi COVID-19

profile
Achmad

14 April 2022 19:40

354 dilihat
Dinkes Lumajang Gunakan KIE Sebagai Upaya Pencepatan Capaian Vaksinasi COVID-19
Dinkes Lumajang gelar forum ketercapaian vaksinasi Covid-19. (SJP)

LUMAJANG - Orientasi penggunaan alat bantu Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) vaksinasi Covid-19 tingkat kabupaten, berupaya dalam kegiatan kampanye, program pelibatan masyarakat serta qualitative rapid assessment, untuk memastikan bahwa program itu berjalan sesuai dengan tujuan.

Kegiatan ini di fasilitasi oleh Johns Hopkins Center for Communication Programs (JHCCP) dalam proyek Breaktrough Action for Covid-19 (BA for Covid-19), bertempat di gedung panti PKK Kabupaten Lumajang, Kamis (14/4/2022) tadi.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lumajang, dr Bayu Wibowo Ignasius, kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari rapat koordinasi multistakeholder urun rembuk lokal solusi percepatan vaksinasi, pada tanggal 4 Maret 2022 lalu.

"Agar bisa memahami saluran-saluran komunikasi pelibatan masyarakat untuk peningkatan vaksinasi Covid-19," kata dr Bayu kepada awak media ini usai membuka acara.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk dapat memahami materi media dan saluran kampanye untuk peningkatan vaksinasi Covid-19. Dan juga agar mampu dan terampil dalam menggunakan media komunikasi kampanye untuk peningkatan vaksinasi Covid-19 dengan metode partisipasi.

"Semoga kegiatan ini dapat menambah masyarakat untuk bersedia menjadi relawan/kader untuk memberikan edukasi tentang vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat/komunitas masing-masing," tambahnya.

Dikatakan pula oleh dr Bayu, nantinya juga bisa membantu menjadi sumber informasi yang baik dalam penyampaian pesan positif vaksinasi Covid-19.

"Semoga nanti ada relawan/kader yang paham dan terampil menyampaikan program vaksinasi kepada masyarakat khususnya kelompok sasaran lansia," imbuhnya lagi. 

Dan setiap relawan/kader/penyuluh/pendamping masyarakat, menurut dr Bayu, harus bisa membuat rencana edukasi vaksinasi kepada kelompok sasaran.

Relawan/kader/penyuluh/pendamping masyarakat, ditegaskan Kepala Dinkes ini harus membuat komitmen untuk bisa membawa target sasaran ke lokasi kegiatan masyarakat untuk di vaksin.

"Saya berharap ada ide branding lokal solusi yang akan diterapkan Kabupaten Lumajang dan adanya kesepakatan kolaborasi dengan peranan masing-masing pihak dalam percepatan capaian target vaksin Covid-19," tutupnya.

Dan satu lagi yang diharapkan Kadinkes, yaitu adanya relawan/kader/penyuluh/pendamping masyarakat bersedia memberikan edukasi tentang vaksinasi, menyangkal hoax di masyarakat/komunitas masing-masing dan membawa target sasaran ke lokasi kegiatan bagi seluruh masyarakat, khususnya lansia dan anak sekolah.

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Dinkes Lumajang Gunakan KIE Sebagai Upaya Pencepatan Capaian Vaksinasi COVID-19

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT