Kamis, 11 Agustus 2022
Kesehatan

Dinkes Malang Dan RS Swasta Gandeng Akademisi Untuk Tingkatkan Layanan Kesehatan Ibu Dan Anak

profile
Senopati

07 Juli 2022 20:56

439 dilihat
Dinkes Malang Dan RS Swasta Gandeng Akademisi Untuk Tingkatkan Layanan Kesehatan Ibu Dan Anak
Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, Mursyidah. (SJP)

KABUPATEN MALANG – Dalam upaya meningkatkan mutu layanan kesehatan bagi ibu dan anak, serta bayi yang baru dilahirkan, Dinas kesehatan Kabupaten Malang dengan program Momentum Private.

Healthcare Delivery (MPHD) menggandeng RS Ben Mari, RSU Mitra Delima dan RSU UMM.

Selain itu, juga menggandeng akademisi dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Plt Kepala Dinas Kesehatan, Mursyidah mengatakan, peningkatan mutu layanan serta fasilitas kesehatan milik pemerintah maupun swasta bisa dilakukan dengan klinis maupun rujukan.

"Namun yang paling penting adalah pendampingan untuk pemberdayaan pasien, keluarga dan masyarakat dalam rangka menyampaikan aspirasi dan umpan balik," kata Mursyidah saat dihubungi awak media, Kamis (7)7/2022).

Mursyidah menambahkan, program MPHD ini dapat membantu fasilitas dan layanan dapat memberi kepuasan pelanggan dalam instrumen akreditasi.

Sebagaimana diamanatkan Undang-undang 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, dan Permenpan Nomor 14 Tahun 2017 tentang Survey Kepuasan Pelanggan.

"Dengan peningkatan fasilitas dan layanan kesehatan akan berkontribusi untuk peningkatan kinerja tata-kelola klinis dan kinerja akuntabilitas di fasilitas pelayanan Kesehatan ibu dan bayi baru lahir," imbuh Mursyidah.

Selain itu, lanjut Mursyidah, program ini, Dinkes Kabupaten Malang menggandeng Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan pihak swasta.

Hal tersebut dalam upaya meningkatkan mutu layanan ibu dan bayi baru lahir serta sumber daya manusia dengan dukungan MPHD sebagai mentoring rumah sakit dan tentunya akan mendukung akreditasi rumah sakit.

"Guna mendukung program ini, kami menggandeng OPD dan pihak lain seperti RS swasta dan akademisi dalam upaya meningkatkan SDM untuk mencapai target mutu fasilitas dan layanan  kesehatan di Kabupaten Malang," bebernya.

Penyelenggaran dukungan untuk pemberdayaan pasien, keluarga dan masyarakat akan dilakukan dengan metode Citizen Report Cards (CRC) dan pengelolaan pesan perbaikan pelayanan yang didasarkan pada fakta-fakta berkaitan dengan kualitas pelayanan yang diterima pasien, keluarga dan masyarakat.

"Dengan adanya metode CRC ini untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik," terang Mursyidah.

Mursyidah berharap hasil Sasaran Kerja Pegawai kesehatan dapat digunakan oleh Rumah Sakit penyedia pelayanan untuk melakukan perbaikan pelayanan, dan perbaikan kebijakan.

"Yang berfungsi dan membaiknya aksi kolektif masyarakat yang memiliki perhatian untuk peningkatan kesehatan serta keselamatan ibu dan bayi baru lahir dalam memperoleh pelayanan Kesehatan Ibu Bayi Baru Lahir dengan berkualitas dan Meningkatnya kualitas hubungan dan komunikasi antara penyedia layanan dan penerima pelayanan," pungkasnya. (Nes)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Dinkes Malang Dan RS Swasta Gandeng Akademisi Untuk Tingkatkan Layanan Kesehatan Ibu Dan Anak

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT