Kamis, 06 Oktober 2022
Kesehatan

Door To Door Jadi Solusi Dinkes Malang Untuk Tingkatkan Capaian Vaksinasi Boster

profile
Senopati

08 September 2022 17:19

488 dilihat
Door To Door Jadi Solusi Dinkes Malang Untuk Tingkatkan Capaian Vaksinasi Boster
Ilustrasi vaksin Boster Covid 19. (SJP)

KABUPATEN MALANG – Pemerintah Kabupaten Malang melalui Dinas Kesehatan mencari terobosan dan solusi agar vaksinasi boster berhasil.

Rendahnya capaian vaksinasi di Kabupaten Malang terutama vaksin Boster, membuat Dinkes Malang menggunakan salah satu cara yang paling cepat, yakni sistem door to door.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, Mursyidah, jika vaksinasi door to door saat ini sudah dilakukan serentak di seluruh wilayah Kabupaten Malang.

Ia menegaskan, tidak hanya dilakukan Pemkab Malang saja namun semua Rumah Sakit maupun para perusaan juga dilibatkan untuk menyelesaikan vaksinasi tersebut.

“kami akan terus lakukan  vaksinasi di 33 Kecamatan bekerjasama dengan seluruh stakeholder diantaranya Rumah Sakit dan Perusahaan yang ada di wilayah Kabupaten Malang,” kata Mursyidah, Kamis (8/9/2022).

Mursyidah menambahkan, capaian vaksin dosis 1 dan dosis 2 di Kabupaten Malang sudah mencapai sekitar 87 persen. Namun untuk vaksin dosis 3 (Booster) baru tercapai sekitar 24 persen.

Rendahnya capaian vaksin dosis 3 disebabkan keengganan masyarakat untuk mendatangi gerai vaksin yang disediakan pemerintah dan pemahaman masyarakat yang menilai jika vaksin booster tidak penting.

“Pemahaman seperti itu, kami nilai salah, memang kasus covid melandai namun beberapa waktu terakhir ini kan mulai merangkak naik. Penerapan Protokol Kesehatan di masyarakat sudah mulai lemah dan adanya anggapan Covid sudah sirna. Ini yang musti kita luruskan, salah satu caranya dengan vaksin door to door ini,” lanjut Mursyidah.

Agar vaksin door to door tersebut semakin efektif dan membuahkan hasil, pihaknya juga mengajak peran serta pemerintah desa, tokoh masyarakat, tokoh agama untuk mendorong setiap warganya melakukan vaksinasi terutama vaksin booster.

Mursyidah menegaskan, jika vaksin tersebut merupakan salah satu cara utama untuk meningkatkan imun tubuh sehingga tidak mudah terpapar Virus Covid.

"Untuk itu kami melakukan sinergitas dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, Pemerintahan Desa untuk bersama sama memberikan edukasi pada masyarakat terkait vaksin Boster ini," tandas Mursyidah.

Sampai saat ini Pemkab Malang sudah mendapatkan sebanyak 5.000 vaksin booster dosis kedua, bahkan Dinkes Kabupaten Malang siap meminta jatah  stok vaksin yang ada di Pemprov Jatim serta tenaga kesehatan yang disiapkan berjumlah 11 119 orang.

"Selain itu kami juga menyiapkan 168 fasilitas Kesehatan yang terdiri dari 105 unit Klinik, 24 rumah sakit dan 39 Puskesmas," pungkas Mursyidah. (Seno)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Door To Door Jadi Solusi Dinkes Malang Untuk Tingkatkan Capaian Vaksinasi Boster

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT