Senin, 28 November 2022
Kesehatan

Edukasi Remaja Sehat dan Hebat Kota Mojokerto di Era 5.0

profile
Andy

12 November 2022 12:55

454 dilihat
Edukasi Remaja Sehat dan Hebat Kota Mojokerto di Era 5.0
Sesi foto bersama saat acara Germas di Sunrise Mall

KOTA MOJOKERTO - Pemerintah Kota Mojokerto melalui Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DinkesP2KB) menggelar Edukasi Remaja Sehat dan Hebat di Era 5.0 dalam Pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Acara tersebut berlangsung di Atrium Sunrise Mall pada Jumat (11/11).

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menyampaikan bahwa era 5.0 sangat memudahkan, meringankan, menyederhanakan berbagai kebutuhan manusia. Namun juga berdampak negatif.

"Salah satu dampak negatifnya adalah masyarakat menjadi malas gerak atau mager. Sehinga manusia kurang aktif secara fisik," jelasnya.

Perempuan yang akrab disapa Ning Ita ini juga menjelaskan bahwa akibat pola hidup yang tidak sehat, seperti kurangnya aktivitas fisik, berdasar hasil screening kesehatan, banyak pelajar di Kota Mojokerto yang memiliki masalah obesitas, anemia dan kurang gizi.

Lebih lanjut Ning Ita juga mengajak untuk memberikan atensi bersama, yaitu dengan adanya penyakit degeneratif. "Yang perlu menjadi atensi bersama adalah penyakit degeneratif. Penyakit degeneratif yang saat ini banyak dialami oleh anak-anak adalah Diabetes Melitus. Yang paling utama untuk mencegah terjangkit DM adalah kesadaran diri untuk menerapkan pola hidupyang sehat," tuturnya.

Ditambahkan oleh Kepala DinkesP2KB dr. Triastutik Sri Prastini, Sp. A bahwa Germas merupakan program yang terencana dan sistematis yang dilakukan oleh seluruh komponen masyarakat.

"Germas dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan perilaku hidup sehat, yang tentu akhirnya diharapkan kualitas hidup menjadi lebih baik," jelasnya.

Lebih jauh ia menjelaskan bahwa saat ini diperlukan upaya yang sangat masif dari berbagai komponen untuk mengatasi kesehatan yang ada di masyarakat.

"Upaya promotif dan preventif merupakan upaya yang sangat efektif untuk mencegah meningkatnya angka kesakitan dan kematian," imbuhnya.

Edukasi Remaja Sehat dan Hebat di Era 5.0 pagi ini diikuti oleh 200 siswa dari kalangan pelajar, Forum Anak Kota Mojokerto, Duta Genre dengan menghadirkan Pulung Siswantoro dari Universitas Airlangga sebagai narasumber. Dalam acara ini remaja Kota Mojokerto juga mendeklarasikan Remaja Kota Mojokerto Sehat dan Hebat.

Publisher : Syahrul

Tags
Anda Sedang Membaca:

Edukasi Remaja Sehat dan Hebat Kota Mojokerto di Era 5.0

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT