Selasa, 28 Juni 2022
Kesehatan

Harkitnas 2022, Puluhan Guru, TNI hingga Polri Ikuti Donor Darah di Ayola Sunrise Hotel Kota Mojokerto

profile
Andy

20 Mei 2022 20:47

390 dilihat
Harkitnas 2022, Puluhan Guru, TNI hingga Polri Ikuti Donor Darah di Ayola Sunrise Hotel Kota Mojokerto
Salah seorang guru di Kota Mojokerto saat mendonorkan darahnya.

KOTA MOJOKERTO - Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 2022, Puluhan Guru, Kepala Sekolah, TNI hingga Polri ikuti donor darah di Saphire 1 Ballroom lantai 3 Ayola Sunrise Hotel Kota Mojokerto, Jumat (20/5/2022) siang.

General Manajer Ayola Sunrise Hotel, Primaningrum menyampaikan sasaran kegiatan donor darah ini ada yang berasal dari instansi dan masyarakat umum.

Mulai dari Guru, Kepala Sekolah, ASN, TNI, Polri serta beberapa dinasi lainnya seperti Disparpora, Dinas Sosial, dan beberapa komunitas lainnya.

"Kita berharap donor darah ini mendapatkan 80 kantong darah, donor darah ini dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas 2022)," papar Primaningrum.

Lebih lanjut dikatakan Prima, kegiatan donor darah ini tidak hanya dilakukan pada hari-hari tertentu saja. Namun lebih dari itu, pihaknya bekerjasama dengan PMI Kota Mojokerto menggelar donor darah tiap tiga bulan sekali.

"Sehingga diharapkan, rekan-rekan yang sudah biasa donor darah di Ayola ini bisa secara rutin mendonorkan darahnya. Dengan demikian, tubuh mereka bisa tetap sehat dan bugar," jelasnya.

"Kegiatan donor darah di Ayola Sunrise Hotel ini juga merupakan CSR Ayola Sunrise Hotel, dimana pendonor bisa menikmati snack seperti gorengan, cake, bubur kacang hijau, telur rebus, kopi dan teh seusai mendonorkan sebagian darahnya," ungkapnya.

Rombongan guru dan kepala sekolah di Kota Mojokerto seusai mendonorkan darahnya

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 2 Kota Mojokerto Mulib menyampaikan ia juga ingin mendonorkan darahnya namun masih belum 3 bulan, jadi belum waktunya.

"Meski demikian, sesuai ajakan dari Kepala Dispendikbud Kota Mojokerto, tadi sudah ada belasan atau mungkin puluhan guru hingga kepala sekolah yang ikut serta mendonorkan darahnya," jelas Mulib.

Menurutnya, kegiatan CSR seperti donor darah ini sangat baik dilakukan, apalagi dilakukan secara rutin sehingga rekan-rekan guru hingga kepala sekolah tetap bisa menjaga tubuhnya tetap sehat dan bugar dengan mendonorkan darah serta kebutuhan permintaan darah terpenuhi.

Fotografe Kominfo Kota Mojokerto, Andi saat mendonorkan darahnya

Disisi lain, Humas PMI Kota Mojokerto Dimas Hariadi menyampaikan, saat ini stok darah yang menipis itu golongan darah A dan 0. Namun, dengan banyak kegiatan seperti ini tentunya akan sangat membantu pihaknya menyediakan kebutuhan permintaan darah.

"Hari ini total yang sudah mendonorkan darahnya ada 60 orang. Alhamdulilah, untuk pendonor terbanyak adalah golongan darah 0 dengan jumlah 24 orang, lalu diikuti golongan darah A dengan jumlah 18 pendonor," ungkap Dimas Hariadi.

Lebih lanjut Dimas menyebutkan, selanjutnya golongan darah B sebanyak 14 pendonor dan terakhir golongan darah AB berjumlah 4 pendonor. Jumlah ini lebih sedikit jika dibandingkan bulan Februari lalu yang jumlah pendonornya mencapai 73 orang.

"Bagi warga kota Mojokerto yang mempunyai golongan darah A dan 0, ataupun lainnya bisa secara rutin mendonorkannya. Selain karena kebutuhan darah untuk 2 golongan daraha itu meningkat serta stoknya mulai menipis, diharapkan dengan donor darah warga bisa tetap sehat," jelasnya.

Menurutnya, lima manfaat donor darah adalah menurunkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah, menurunkan risiko kanker, membantu menurunkan berat badan, mendeteksi penyakit serius hingga Membantu lebih sehat secara psikologis dan panjang umur.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Harkitnas 2022, Puluhan Guru, TNI hingga Polri Ikuti Donor Darah di Ayola Sunrise Hotel Kota Mojokerto

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT