Senin, 28 November 2022
Kesehatan

Kota Batu Menerapkan Transformasi Sistem Kesehatan Dalam Pembangunan Kesehatan Daerah

profile
Arkana

25 November 2022 06:18

463 dilihat
Kota Batu Menerapkan Transformasi  Sistem Kesehatan Dalam Pembangunan Kesehatan Daerah
Wali Kota Batu membuka Rakerkesda di Hotel Jambuluwuk. (SJP)

KOTA BATU – Petugas kesehatan dilingkungan pemerintah Kota Batu mengikuti Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) di Hotel Jambuluwuk Kota Batu, Kamis 24 November 2022 kemarin.

Mengusung tema 'Transformasi Sistem Kesehatan dan Implementasinya Dalam Membangun Kesehatan Daerah', Kepala Dinkes Kota Batu, drg Kartika Trisulandari, menjelaskan tentang kesehatan masyarakat Kota Batu.

Kartika menjelaskan, tentang langkah langkah dalam mencapai sasaran strategis kesehatan. Seperti penurunan kasus balita stunting, peningkatan mutu dan akses kesehatan.

Selanjutnya, menurut Kartika, peningkatan cakupan imunisasi balita juga penerapan progam inovasi tourism health service. 

Salah satu langkah yang sudah dilakukan Dinas Kesehatan, adalah melakukan MoU dengan Kemenag Kota Batu.

MoU dimaksud, untuk pembinaan terhadap calon pengantin serta edukasi kesehatan reproduksi dan gizi guna mencegah kematian ibu dan bayi, juga mencega stunting. 

Ditempat yang sama, Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, juga menjelaskan tujuan kegiatan ini untuk memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat supaya hidup lebih sehat.

"Dalam kesempatan ini saya mengimbau supaya masyarakat menjaga prokes, melakukan vaksin boster, pola makan sehat serta istirahat yang cukup," Harapnya 

Dewanti juga memaparkan bahwa dari tahun 2018 angka stunting mencapai 28 persen. Sedangkan pada tahun 2021 turun menjadi 15 persen, namun untuk saat ini penurunan terbilang pelan.

"Saya berharap angka stunting bisa menjadi 10 persen,  hal ini dibutuhkan kerjasa dari semua pihak, terlebih para ibu  kepada anak anak," Tambahnya 

Sesuai arahan Pemerintah Pusat melalui Kementrian Kesehatan, terdapat enam pilar tranformasi dalam bidang kesehatan.

Mulai dari transformasi layanan primer, transformasi layanan rujukan, tranformasi sistem ketahanan kesehatan, tranformasi pembiayaan kesehatan, tranformasi sumber daya manusia dan tranformasi teknologi kesehatan. 

Dengan itu, fasilitas pelayanan kesehatan  seprti rumah sakit dan puskesmas perlu menyesuaikan dengan perubahan yang ada. Sehingga tuntutan mutu pelayanan dapat dipenuhi. (Syaiful Islam)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Kota Batu Menerapkan Transformasi Sistem Kesehatan Dalam Pembangunan Kesehatan Daerah

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT