Rabu, 07 Desember 2022
Kesehatan

Setelah Dirawat Satu Bulan, Satu Pasien Korban Tragedi Kanjuruhan Dinyatakan Sembuh dan Diperbolehkan Pulang

profile
Senopati

02 November 2022 23:08

606 dilihat
Setelah Dirawat Satu Bulan, Satu Pasien Korban Tragedi Kanjuruhan Dinyatakan Sembuh dan Diperbolehkan Pulang
Bupati Malang HM Sanusi memegang pasien, didampingi Kepala Dinas Kesehatan saat melihat kondisi kondisi pasien diperbolehkan pulang. (SJP)

KABUPATEN MALANG – Selama kurang lebih 30 hari dirawat di Rumah Sakit Kanjuruhan Kabupaten Malang, pasien korban tragedi Kanjuruhan Vicky Hermansyah usia 20 tahun berasal dari Sidoarjo dinyatakan sembuh.

Bukan hanya itu, Vicky juga diperbolehkan pulang. Selanjutnya, pasien yang merupakan korban terakhir yang dirawat di Rumah Sakit Kanjuruhan Malang itu akan menjalani rawat jalan.

Bupati Malang, HM Sanusi dibantu Forkompimda Kabupaten Malang, yang ikut serta menyaksikan pasien di RS Kanjuruhan mengatakan, bahwa pasien bernama Vicky berasal dari kordinasikan Pus Sidoarjo. 

"Sehingga nanti yang melanjutkan perawatan medis dari Dinas Kesahatan Sidoarjo, perlu di ketahui bahwa Pelepasan korban Kanjuruhan hari ini di RS Kanjuruhan adalah yang terakhir," kata Abah Sanusi melepas pasien korban tragedi Kanjuruhan di RS Kanjuruhan Malang, Selasa (2/11/2022).

Bupati Malang menambahkan, untuk anggaran semua korban yang ada di Kabupaten sudah di tanggung oleh Pemerintah Kabupaten Malang. 

Sampai saat ini jumlah anggaran total sudah sekitar 900 juta yang telah di keluarkan Pemerintah Kabupaten Malang untuk korban Kanjuruhan.

"Ini sudah di bagi untuk di RS yang menjadi tanggungan dari Pemerintah Kabupaten Malang, sedangkan di RSSA yang bertanggung jawab adalah dari Gubernur Jatim," imbuhnya.

Abah Sanusi menjelaskan, bahwa sampai saat ini rawat jalan masih di dilayani oleh Pemkab Malang, “saya buka pelayanan mata dan di gratiskan dengan bekerja sama dengan eye center yang berada di Kecamatan Singosari dan Kepanjen,” jelas Bupati Malang. 

Sementara itu, Direktur RSUD Kanjuruhan, Boby Prabowo mengungkapkan, bahwa korban Vicky terkena cidera otak yang tergolong berat dan selama di rawat di Rumah Sakit Kanjuruhan telah diberikan.

Perawatan secara intensif untuk pasien Vicky ini dengan memasangkan ventilator untuk beberapa hari dan di rawat selama 2 minggu di ICU untuk selanjutnya di pindahkan ke ruang perawatan selama 2 minggu, jadi total pasien Vicky berada di RS Kanjuruhan selama 1 bulan dengan berangsur baik. 

“Untuk saudara vicky ini masih perlu pendampingan dari fisioterapi untuk kaki,tangan dan leher juga perlu pendampingan dari psikologi dan psikiater pasca trauma. Pasien korban Kanjuruhan yang di rawat disini rata-rata terkena hipoksi otaknya dan cidera otak hal inilah yang menjadi pemulihan lama dan sempat infeksi paru-paru tetapi bisa di tangani dengan baik,” pungkas Bobby Prabowo. (Seno)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Setelah Dirawat Satu Bulan, Satu Pasien Korban Tragedi Kanjuruhan Dinyatakan Sembuh dan Diperbolehkan Pulang

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT