Rabu, 17 Agustus 2022
Kesehatan

Tim Gabungan di Situbondo Gelar Vaksinasi dan Sosialisasi Cegah Penularan PMK

profile
Sarwo

08 Juli 2022 18:25

554 dilihat
Tim Gabungan di Situbondo Gelar Vaksinasi dan Sosialisasi Cegah Penularan PMK
Petugas gabungan saat melakukan vaksinasi terhadap ternak sapi milik warga (Sarwo/SJP)

SITUBONDO - Cegah penularan PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) tim gabungan yang terdiri atas unsur polisi, TNI, dan tim nakes (tenaga kesehatan) hewan dari Puskeswan (Pusat Kesehatan Hewan) Kecamatan Asembagus, Situbondo, lakukan Vaksinasi terhadap ratusan ternak sapi.

Tidak hanya itu, petugas gabungan juga memberikan sosialisasi tentang upaya mencegah penularan penyakit mulut dan kuku (PMK) kepada para peternak dan pedagang sapi di wilayah Kecamatan Asembagus.

Vaksinasi dan sosialisasi yang digelar gabungan yang dipimpin Kapolsek Asembagus beserta anggota bersama Babinsa dan petugas nakes Puskeswan Asembagus serta perangkat desa Kedunglo dan Desa Mojosari, selain melakukan sosialisasi juga melakukan penyuntikan 100 dosis vaksin PMK terhadap ternak sapi.

"Langkah ini kami lakukan bersama sama, karena kasus sapi diduga terjangkit wabah PMK semakin banyak, bahkan telah menjadi perhatian pemerintah pusat," tutur Kapolsek Asembagus Iptu Gede Sukarmadiyasa, Jumat (8/7/2022) siang.

Lebih lanjut Iptu Gede menjelaskan, selain melakukan sosialisasi tentang upaya mencegah penularan wabah PMK, tim gabungan ini juga melakukan penyuntikan vaksin dan penyemprotan disinfektan ke kandang sapi milik warga.

"Kami mendatangi kandang-kandang sapi milik warga secara bergantian dan melakukan penyuntikan vaksin terhadap ternak sapi serta melakukan penyemprotan disinfektan,"jelasnya.

Hari ini, sambung Gede, ada 100 dosis vaksin PMK yang disuntikan terhadap ternak sapi di dua desa di Kecamatan Asembagus.

"Diantaranya, lima kandang di Desa Mojosari, ada 10 dosis dan 32 kandang di Desa Kedunglo, ada 90 dosis yang disuntikan ke ternak sapi milik peternak, dengan total ada 100 Dosis,"ujarnya.

Sebagai upaya mencegah penyebaran PMK, imbuh Gede, apalagi jelang Idul Adha kali ini, pihaknya mendatangi kandang-kandang sapi milik warga dan pedagang ternak guna melakukan pemantauan, agar hewan yang akan dijual untuk kurban sudah dalam kondisi sehat.
 
“TNI, Polri dan Dinas terkait serta peternak dan pedagang akan terus bersinergi dalam upaya pencegahan wabah PMK serta akan melakukan pemantauan terhadap hewan kurban pada saat hari raya Idul Adha nanti," tukas Gede. (Sarwo)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Tim Gabungan di Situbondo Gelar Vaksinasi dan Sosialisasi Cegah Penularan PMK

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT