Senin, 28 November 2022
Komunitas

Gubernur Jatim Apresiasi Gerakan Adopsi Terumbu Karang di Dasar Laut Situbondo

profile
Sarwo

13 November 2022 17:21

394 dilihat
Gubernur Jatim Apresiasi Gerakan Adopsi Terumbu Karang di Dasar Laut Situbondo
Gerakan adopsi dan perawatan terumbu karang di dasar laut pantai Pasir Putih. (SJP)

SITUBONDO – Gerakan adopsi dan perawatan 7.700 terumbu karang yang dilaksanakan oleh beberapa komunitas di dasar laut Pantai Pasir Putih, Bungatan, Situbondo, mendapat apresiasi dari gubernur Jawa timur.

Gerakan adopsi dan perawatan terumbu karang yang dibuka oleh Sekdaprov Jatim pada Sabtu siang kemarin 12 November 2022.

Giat tersebut, dilaksanakan Ikatan Alumni Universitas Airlangga (IKA Unair) bekerjasama dengan POSSI Jawa Timur dan Pemprov Jawa Timur ini, guna untuk menjaga kelestarian lingkungan dasar laut.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa melalui Sekdaprov Jatim Adhy Karyono mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh beberapa komunitas di dasar laut Pantai Pasir Putih, Bungatan, Situbondo.

"Ibu Gubernur mengapresiasi kegiatan yang dilakukan beberapa komunitas. Selain dalam rangka memperingati ulang tahun IKA UNAIR ke-50 juga dalam rangka Hari Jadi Provinsi Jawa Timur yang ke-77.,"ucap Adhy Karyono, Sabtu siang 12 November 2022 kemarin.

Adopsi dan perawatan terumbu karang tersebut, lanjut Adhy Karyono, apabila tumbuh dengan baik, maka akan menjadi rumah ekosistem bawah laut.

“Dengan adopsi terumbu karang ini, mari kita bersama sama menjaga biota laut yang ada di dasar laut Pantai Pasir Putih ini agar dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Dengan demikian, bisa menghasilkan ikan yang berkualitas dan bermanfaat untuk masyarakat Situbondo,” ujar Adhy Karyono.

Adhy Karyono mengungkapkan, Adopsi 7.700 terumbu karang ini, melibatkan sekitar 80 penyelam dari Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Jatim.

“Hampir 60 persen pesisir laut Jawa Timur ini rusak. Oleh karena itu, perlu adanya gerakan adopsi terumbu karang, seperti yang saat ini kita lakukan,” ungkapnya.

Sementara itu, Pembantu Dekan 3 Fakultas Psikologi Unair, Endang Retno Suryaningrum juga mengapresiasi adopsi dan perawatan terumbu karang yang dilakukan oleh IKA Unair.

Ternyata, IKA Unair bekerjasama dengan POSSI Jatim dan Pemprov Jatim serta pihak lainnya, sehingga  kegiatan untuk menjaga kelestarian lingkungan dasar laut dapat terlaksana.

"Gerakan penanaman terumbu karang sudah cukup banyak dilakukan, namun minim monitoring dan perawatan. Karena terumbu karang berbeda dengan tanaman darat. Sehingga butuh pengawasan dan perawatan,” kata Endang.

Dia juga mengapresiasi IKA Unair bersama POSSI Jatim, dan Pemprov Jati,  serta beberapa instansi terkait yang terlibat dengan kegiatan secara langsung maupun tidak langsung.

Dengan apdosi terumbu karang ini, maka menandai adanya gerakan monitoring atau perawatan terumbu karang di pasir putih.

“Di dasar laut pantai pasir putih ini, ada 7.700 terumbu karang yang akan dirawat, agar bisa tumbuh dan berkembang sebagaimana mestinya,"tukas Endang. (Sarwo)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Gubernur Jatim Apresiasi Gerakan Adopsi Terumbu Karang di Dasar Laut Situbondo

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT