Jumat, 07 Oktober 2022
Komunitas

Guru di Jember Sediakan Bahan Pangan dan Sayuran, Warga Bebas Ambil

profile
Rochul

06 Agustus 2021 21:13

193 dilihat
Guru di Jember Sediakan Bahan Pangan dan Sayuran, Warga Bebas Ambil
Warga Kecamatan Semboro Jember berbagi bahan pangan

JEMBER - Guru di Jember berbagi bahan pangan gratis kepada warga yang terdampak COVID-19. Warga Desa Sidomekar, Kecamatan Semboro, Jember ini rutin berbagi sayur - sayuran dan lauk pauk kepada warga lain.

Yeni Pujiastuti, demikian namanya. Ia merasa terpanggil karena banyaknya masyarakat yang kesulitan ekonomi imbas penerapan PPKM darurat dan PPKM level 3. Bahan pangan tersebut diletakkan di depan rumahnya dan warga lainnya boleh mengambil bebas.

Menurut Yeni, ia terpanggil melakukan aksi sosial setiap hari Jumat, dengan menyiapkan lauk dan sayur itu ia letakkan di atas meja terpisah sambil diminta untuk tetap menjaga jarak satu sama lainnya.

Selagi mengambil, Yeni tetap sambil mengawasi dan mengingatkan agar masyarakat patuh protokol kesehatan (Prokes).

"Memang ini adalah murni kami ingin membantu sesama ditengah pandemi, maka kami lakukan setiap hari Jum'at. Kami lakukan berbagi sayur mayur dan lauk warga boleh mengambil bergantian namun dengan aturan yaitu tidak boleh semua atau secukupnya saja agar lain nya juga mendapat jatah," kata Yeni, pada Jumat (6/8/2021).

Aksi Yeni ini disebutnya telah dilakukan sejak tiga bulan lalu saat pandemi COVID-19 mulai melonjak.

"Kami sudah lalukan ini hampir tiga bulan berjalan, biasanya kami bagi nasi bungkus. Untuk hari ini kami bagi sayur mayur dan lauk pauk," ungkapnya.

Dimana setiap hari Jumat ia harus menyiapkan setidaknya sayur - sayuran seperti kangkung, bayam, pakis, yang diikat satu persatu sejumlah 150 tangkai. Sementara pembungkusan sayur sup, tempe, dan tahu yang diletakkan di dalam plastik sebanyak 150 biji. Selain itu ada, daging ayam 5 kilogram yang telah dibungkus rapi dengan berat 1/4 ons perbungkus.

Selain menyiapkan sendiri, biasanya Yeni juga menerima donasi dari warga lainnya yang memiliki kemampuan lebih. Beberapa donatur ini biasanya bahu membahu bersama Yeni menyiapkan segala bahan pangan untuk warga lainnya.

Yeni Pujiastuti, berharap semoga kegiatan yang ia lakukan ini juga menjadi contoh bagi masyarakat lain yang mampu untuk terus berbagi saling meringkankan ditengah pandemi COVID-19 yang terjadi.

Sementara itu, salah satu warga yang kebetulan datang mengambil sayur mayur bernama Sugito mengaku, sangat bangga karena masih ada yang sangat peduli kepada masyarakat ditengah kondisi seperti ini.

"Gerakan berbagi ini sungguh luar biasa, dan kami sangat terbantu dengan kegiatan Jum'at berkah yang dilakukan ibu guru Yeni ini, kami sangat berterima kasih," tandasnya.(Lum)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Guru di Jember Sediakan Bahan Pangan dan Sayuran, Warga Bebas Ambil

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT