Kamis, 06 Oktober 2022
Komunitas

Pedagang Paguyuban Pelaku Niaga Sipil Alun-alun Batu Mendadak Kolosal

profile
Doi

17 Agustus 2022 22:09

537 dilihat
Pedagang Paguyuban Pelaku Niaga Sipil Alun-alun Batu Mendadak Kolosal
Penampilan kolosal nampak pada pedagang Paguyuban Pelaku Niaga Sipil. (SJP)

KOTA BATU – Puluhan pedagang Paguyuban Pelaku Niaga Sipil (PNS) Alun-alun Batu berjualan sembari mengenakan baju adat dari berbagai daerah dan kolosal.

Mulai dari baju adat khas Jawa, Bali, Madura hingga tokoh pewayangan dikenakan para pedagang. Tak sedikit juga pedagang yang tampil dengan totalitas.

Dikatakan Ketua PNS Alun-Alun Kota Batu, Puspita Herdysari, pengunaan baju adat ini untuk menumbuhkan rasa nasionalisme.

Penggunaan baju adat ini dilakukan sebagai pedagang sebagai bentuk suka cita dalam memperingati HUT ke-77 Republik RI yang jatuh pada 17 Agustus 2022.

"Ini untuk menumbuhkan nasionalisme kita. Ini juga dilakukan untuk tes nyali aja, kita bikin yang unik dengan tema budaya Indonesia," ujarnya kepada awak media, Rabu (17/8/2022).

Penggunaan baju adat ini, masih kata Puspita, mendapatkan respon positif dari pengunjung. 

"Banyak pengunjung yang meminta foto bersama dengan pedagang," imbuh dia.

Para pedagang, lanjut dia, mendapatkan respon baik dari pengunjung, pedagang yang mengenakan baju asat sempet diajak foto-foto sampai dikasih uang juga.

Salah satu pengunjung warga Karangploso, Kabupaten Malang, Sifania (23) menyampaikan bahwa PNS memiliki ide yang cukup unik dalam HUT ke-77 RI.

"Saya kan jarang kesini, lihat ini (pedagang berpakaian adat) unik sih. Saya menghargai juga. Jarang ada yang spontanitas gini ini," terangnya.

Ibu muda itu menganggap kegiatan semacam ini bisa dilakukan setiap tahun untuk memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia.

"Kalau bisa semacam ini (mengenakan baju adat bisa setiap tahun) saat peringatan kemerdekaan 17 Agustus," tandasnya.

Sementara, Pedagang Strawberry, Rio mengatakan meski memakai baju bak tokoh pewayangan, namun tidak mengganggu kenyaman dia dalam berjualan.

"Nyaman saja sih. Sudah dua tahun geliat wisata di Kota Batu lesu, dan sekarang saatnya kami berekspresi," tandas dia. (Doi Nuri)

Editor: Redaksi 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Pedagang Paguyuban Pelaku Niaga Sipil Alun-alun Batu Mendadak Kolosal

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT