Rabu, 17 Agustus 2022
Komunitas

Resmi Didirikan, Yayasan Eco Laku Lestari Migunani Siap Tempur Tangani Sampah di Banyuwangi 

profile
Ikhwan

06 Juni 2022 19:27

524 dilihat
Resmi Didirikan, Yayasan Eco Laku Lestari Migunani Siap Tempur Tangani Sampah di Banyuwangi 
Yayasan Eco Laku Lestari Migunani bersama masyarakat. (SJP)

BANYUWANGI - Kabupaten Banyuwangi kembali memiliki pasukan baru yang siap terlibat menangani problema sampah. Pasukan itu tergabung dalam Yayasan Eco Laku Lestari Migunani.

Yayasan itu sendiri diresmikan pada 5 Juni 2022 bertepatan pada peringatan hari Lingkungan Hidup Sedunia. 

Yayasan ini memiliki homebase di Kelurahan/Kecamatan Kalipuro Banyuwangi. 

Misi besar dari yayasan itu sendiri itu adalah untuk membangun kepedulian masyarakat akan lingkungan, dengan cara mengelola sampah dengan cara tepat agar tidak terjadi pencemaran.

Dengan berbagai upaya pelatihan dan pemberdayaan yayasan itu berupaya membuka wawasan masyarakat tentang peluang menghasilkan rupiah melalui bisnis sampah.

Pembina Yayasan Eco Laku Lestari Migunani, Junaedi mengatakan didirikannya yayasan ini adalah wujud kepedulian terhadap kelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat. 

Yayasan Eco Laku Lestari bergerak dalam bidang sosial dan kemanusiaan terutama terkait dengan upaya pelestarian lingkungan berbasis partisipasi masyarakat.

Dalam yayasan ini dilibatkan berbagai stakeholder yakni praktisi, akademisi, tokoh masyarakat, wirausahawan dan pemerhati lingkungan hidup.

"Dalam mencapai tujuannya, Yayasan Eco Laku Lestari melakukan upaya-upaya aktif melalui kegiatan pendidikan lingkungan hidup, sirkular ekonomi, pertanian terpadu, pendampingan UMKM serta advokasi berbasis keanekaragaman hayati dan pelestarian lingkungan hidup," kata Junaedi.

Mendatang sudah disiapkan berbagai program untuk mencapai misi tersebut diantaranya melalui bank sampah, Pabrik Protein (Ternak larva maggot BSF). 

Pun ada Pusat Edukasi terpadu ekonomi sirkular Model pertanian terintegrasi (urban farming, hidroponik, peternakan, perikanan yang dilaksanakan dengan prinsip minim limbah pertanian)

Ada juga Lembaga Pendidikan Keterampilan (LPK) Pengelolaan sampah bersertifikasi

Konsultan pengelolaan sampah (waste management) bagi swasta, hotel, desa dan lembaga-lembaga lain.

Camping ground sekaligus event organizer kegiatan bertemakan lingkungan hidup misalnya outbond, Café/ resto ramah lingkungan minim sampah, Inkubator dan pendampingan bagi UMKM/start up bidang wirausaha sosial.

"Yayasan siap turut serta dalam upaya pengelolaan sampah bukan hanya di Kecamatan Kalipuro tapi juga di seluruh wilayah Kabupaten Banyuwangi," tegasnya.

Dalam acara peresmian ini turut hadir Forum Pimpinan Kecamatan Kalipuro. Terdapat juga coaching clinic atau pelatihan pengelolaan sampah organik dan sampah anorganik yang diikuti kelompok PKK dan juga mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Banyuwangi.

Camat Kalipuro Astorik mengapresiasi langkah yang dilakukan Yayasan Eco Laku Lestari Migunani.

Menurutnya misi yang dibawa yayasan tersebut tergolong inovatif dan kreatif sehingga dirasa pas untuk ide penanganan sampah. 

"Sampah mestinya bukan masalah. Apabila kita kreatif dan inovatif, niscaya sampah akan bermanfaat bahkan bernilai rupiah," kata dia.

 "Agar bisa memanfaatkan sampah secara optimal, diperlukan kolaborasi berbagai pihak karena sampah memang tanggung jawab kita bersama," imbuhnya.

Sebagai informasi dari data Dinas Lingkungan Hidup Banyuwangi produksi sampah di kabupaten setempat perhari mencapai mencapai 850 ton. Dari jumlah tersebut hanya 184 ton saja yang terkelola dengan baik. Hampir 78 persen alias 666 ton terbuang sia-sia.

Banyuwangi saat ini juga tengah mengembangkan berbagai inovasi dalam pengelolaan sampah melalui Project STOP perdana ditempatkan di Kecamatan Muncar ditangani langsung oleh Borealis, sebuah perusahaan yang berbasis di Wina, Austria yang bekerjasama dengan PT Systemiq Lestari Indonesia. 

Sebagai optimalisasi pengelolaan sampah saat ini Pemkab Banyuwangi juga tengah membangun Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu di Kecamatan Songgon. (*)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Resmi Didirikan, Yayasan Eco Laku Lestari Migunani Siap Tempur Tangani Sampah di Banyuwangi 

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT