Selasa, 24 Mei 2022
Komunitas

Rotary Club Of Banyuwangi Jenggirat Hadir Jalankan Misi Kemanusiaan di Bumi Blambangan

profile
Ikhwan

26 Maret 2022 23:37

69 dilihat
Rotary Club Of Banyuwangi Jenggirat Hadir Jalankan Misi Kemanusiaan di Bumi Blambangan

BANYUWANGI - Organisasi kemanusiaan Rotary Internasional atau yang akrab disebut Rotary Club resmi membentuk jejaring di Kabupaten Banyuwangi.

Jejaring itu diberi nama Rotary Club Of Banyuwangi Jenggirat. Di dalamnya diisi oleh puluhan anak muda dari beragam latar belakang profesi.

Kepengurusannya pun resmi dilantik oleh Rotary District 3420 (Indonesia Timur) berlangsung di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Jumat (26/3/2022).

District Governor 3420, Cindy Bachtiar menjelaskan bila Rotary Internasional adalah sebuah lembaga yang tersebar hampir di seluruh penjuru dunia yang memiliki konsen untuk misi kemanusiaan.

Anggotanya adalah dari para pemimpin bisnis dan profesional yang memberikan jasa kemanusiaan, mendorong adanya standar etika yang tinggi dalam setiap program yang dijalankan di masing-masing wilayah. 

"Banyuwangi memiliki asset yang tak ternilai harganya, yaitu anak-anak muda yang berani mengambil tantangan untuk menjalankan proyek-proyek kemanusiaan di lingkungannya," kata Cindy.

Dalam pelaksanaannya, Lanjut dia, Rotary Internasional memiliki 7 fokus misi kemanusiaan, diantaranya Pengembangan Ekonomi Komunitas, Pengambangan Literasi, Pencegahan Penyakit, Kelestarian Lingkungan, Air dan Sanitasi, Pemberdayaan Perempuan dan Anak serta Pencegahan Konflik dan Perdamaian.

Usai dilantik Charter President Rotary Club of Banyuwangi, Tunggul Harwanto mengaku akan tancap gas penuh untuk menjalankan misi kemanusiaan di Bumi Blambangan ini.

Ia mempunyai gagasan program yang ia sebut 'Signature Project'. Program itu diantaranya, Pengembangan Dan Inovasi Gerakan Literasi, Pengembangan Wirausaha Sosial Pemuda, Pemberdayaan Perempuan Dan Anak dan Inovasi Pengolahan Sampah Melalui Kampung Recycle. 

"Kami akan menyiapkan peta jalan program selama 1 tahun dan akan berkolaborasi dengan berbagai pihak. Baik pemerintah maupun privet sektor,” ungkapnya.

Dalam waktu dekat, Rotary Club of Banyuwangi Jenggirat akan mengadakan proyek sosial untuk peningkatan kualitas pendidikan di dalam keluarga melalui program 'Sekolah Pengasuhan Berbasis Komunitas'. 

"Program ini menjadi prioritas karena melihat masih banyak ditemukan kasus perempuan dan anak mengalami kekerasan fisik maupun seksual, menikah usia anak dan tingginya angka perceraian yang ada di Banyuwangi," ujarnya.

Selain agenda pelantikan, Rotary Club pin juga memberikan penghargaan Anugerah Relawan Kehormatan Internasional kepada Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani.

Penerimaan penghargaan dalam hal ini, diwakili oleh Asisten 1 Bidang Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat Arief Setiawan.

Arief Setiawan menyampaikan terimakasih kepada Rotary Internasional karena telah memilih Banyuwangi menjadi area kerja proyek kemanusiaan. 

"Karena hal ini selaras dengan program pemerintah daerah dalm mengakselerasi percepatan pembangunan pasca masa pandemic dengan program “Banywuangi Rebound”," kata dia.

"Kami berharap kita bisa bersinergi dan berkolaborasi agar cita-cita pembangunan pasca pandemi ini bisa optimal," imbuhnya.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Rotary Club Of Banyuwangi Jenggirat Hadir Jalankan Misi Kemanusiaan di Bumi Blambangan

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT