Kamis, 06 Oktober 2022
Komunitas

Situs Mellek Situbondo Terancam Rusak, TCB - YMBS Minta Tambang Pasir Ditutup

profile
Sarwo

05 September 2022 23:14

536 dilihat
Situs Mellek Situbondo Terancam Rusak, TCB - YMBS Minta Tambang Pasir Ditutup
TCB-YBMS saat menemui kaur pemeritahan di Balai Desa Sumberejo (Sarwo/SJP)

SITUBONDO - Situs Mellek yang terletak di Dusun Krajan, Desa Sumberejo, Banyuputih, Situbondo, terancam rusak oleh aktivitas penambangan pasir. Kegiatan tersebut disoal oleh TCB-YMBS (Tim Cagar Budaya- Yayasan Museum Balumbung Situbondo) Senin (5/9/2022).

Pasalnya, seorang penambang berinisial B asal Desa/Kecamatan Banyuputih diduga telah melakukan aktivitasnya di lokasi yang merupakan situs cagar budaya era klasik dengan potensi arkeologis di kedalaman hingga 2 meter. 

Selain itu, aktivitas penambangan pasir di lokasi situs juga tak melalui koordinasi  pihak terkait yang selama ini intens mengawal pelestarian cagar budaya.

Anggota TCB-YMBS , M. Andiy Syamsul Arifin menyatakan, sudah bertahun-tahun lamanya Situs Mellek yang memiliki potensi ODCB (Objek Diduga Cagar Budaya) kerap terusik dengan aktivitas penambangan pasir.

"Kali ini ada lagi dan ini merusak data arkeologis karena dengan penggalian hingga kedalaman tertentu, tidak dipedulikan dampaknya terhadap artefaktual yang berada di dalam tanah.

Terbukti, sejumlah temuan seperti guci yang diduga dari era Dinasti Ming, pecah berkeping-keping termasuk wadah berbahan gerabah. Selain itu, temuan lainnya seperti lumpang serta bakalan arca, bahkan fragmen arca kerap tak ada juntrungannya alias tidak jelas larinya ke mana," ungkap Andiy, Senin (5/9/2022) siang di Balai Desa Sumberejo.

Beberapa artefak, lanjut Andiy, seperti lumpang yang sempat diamankan oleh pihak Pemerintah Desa (Pemdes) Sumberejo, namun tidak maksimal, hanya sekedar ditaruh begitu saja dan belum ada upaya preventif yang lebih krusial ke lapangan.

"Kami menilai, penambangan pasir menjadi masalah klasik yang terus mengancam eksistensi situs. Untuk itu kami meminta kerjasama Pemdes Sumberejo, agar segera menghimbau penambang pasir di lokasi tersebut, untuk menghentikan aktivitasnya,"ucapnya.

Sementara itu, Kaur Pemerintahan Pemdes Sumberejo, Abdul Munif menyampaikan, pihaknya telah menerima laporan dari juru pelihara (jupel) Situs Mellek hingga mengamankan sebuah lumpang batu dengan diameter 60 cm. 

Bahkan dirinya mengaku diminta oleh TCB-YMBS agar menghimbau penambang pasir menghentikan aktivitasnya demi terjaganya data arkeologis di situs yang kerap dijadikan ajang perburuan kolektor benda antik tersebut.

"Kami selaku pemdes, harapan dari TCB- YMBS akan kami sampaikan pada pihak penambang. Akan kita upayakan untuk penutupan di sana.
Berikutnya, bagaimana seandainya lahan tersebut diajukan untuk jadi aset pemerintah,"ujar Munif. (Sarwo)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Situs Mellek Situbondo Terancam Rusak, TCB - YMBS Minta Tambang Pasir Ditutup

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT