Minggu, 22 Mei 2022
Komunitas

Warga Pamekasan Sambut Bulan Ramadan dengan Pawai Obor Keliling Kampung

profile
Faisol

31 Maret 2022 10:18

3.3k dilihat
Warga Pamekasan Sambut Bulan Ramadan dengan Pawai Obor Keliling Kampung

PAMEKASAN - Ratusan masyarakat Desa Somalang, Kecamatan Pakong, Kabupaten Pamekasan, menggelar pawai obor keliling kampung, Rabu (30/3/2022) malam.

Pawai tersebut merupakan tardisi tahunan untuk menyambut datangnya bulan suci ramadan 1443 H.

Abdulasit, salah seorang warga setempat mengatakan bahwa selama dua tahun pawai obor keliling kampung ini sempat tidak digelar semenjak Covid-19.

"Namun tahun ini pawai obor kembali digelar. Hal ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur masyarakat dalam menyambut bulan penuh barokah dan ampunan," katanya.

Uniknya, pawai obar yang digelar masyarakat Somalang, berjalan mengelilingi kampung sembari diiringi musik hadrah.

"Ini dilakukan karena bulan Ramadhan merupakan bulan dari segala bulan yang dimuliakan berdasarkan salah satu hadits Nabi Muhammad SAW," ungkapnya.

Sementara itu, Riski, pemuda desa yang menjadi salah seorang peserta pawai obor mengaku bangga dengan adanya tradisi tahunan ini. Sebab efeknya sangat positif.

"Tidak hanya bagi kalangan orang lanjut usia melainkan juga bagi anak-anak maupun remaja di desa dengan kemajuan tekhnologi yang semakit pesat," ucapnya.

Menurutnya, pawai obor ini salah satu cara masyarakat desa untuk mewujudkan rasa kebahagiaannya dalam menyambut bulan suci ramadan.

"Peserta dari semua pemuda desa. Bahkan pemuda desa sebelah juga ada yang ikut berpartisipasi dalam pawai obor tahunan ini," ujarnya.

Ia menambahkan, kegiatan semacam ini menjadi wadah bagi masyarakat untuk meningkatkan ketaqwaan, dan menanamkan hal-hal positif.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Warga Pamekasan Sambut Bulan Ramadan dengan Pawai Obor Keliling Kampung

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT