Senin, 28 November 2022
Kriminal

Bantu Suami Cari Modal, Perempuan Asal Jember Curi Emas

profile
Rochul

27 September 2022 17:12

621 dilihat
Bantu Suami Cari Modal, Perempuan Asal Jember Curi Emas
Pelaku saat diamankan di Mapolsek Tanggul Polres Jember. (SJP)

JEMBER – Perempuan muda berinisial S (22) asal Desa Tanggul Wetan, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember, nekat mencuri emas Deni membantu suami.

Untuk membantu mendapatkan modal usaha suaminya, perempuan yang belum lama menikah ini nekat melakukan aksi pencurian perhiasan emas milik tetangganya sendiri.

Bahkan akibat dari perbuatannya, korban yang diketahui bernama Kiki (37) warga Jalan Sawo Dusun Krajan Desa Tanggul Wetan Kecamatan Tanggul ini harus mengalami kerugian yang ditaksir mencapai Rp. 21 juta rupiah.

Perisitwa ini sendiri dilakukan pelaku pada 24 Juni 2021 lalu, ia yang belum lama menikah ini berniat mencarikan modal suaminya untuk usaha.

Disayangkan, upaya ia membantu suaminya dengan cara salah, karena ia mencarikan modal suaminya dari menjual perhiasan emas yang baru dicurinya dari rumah Kiki (37) yang masih satu desa dengan dirinya.

Usai memberikan sejumlah uang kepada suaminya untuk modal dan dirasa kurang, Santi berangkat mengadu nasib ke negeri jiran dengan menjadi Tenaga Kerja Wanita (TKW).

Kepergian dirinya menjadi TKW untuk menghilangkan jejak, dengan pemikiran korban tidak mengetahui aksinya atau saat pulang kasusnya akan berhenti.

Namun pemikirannya salah, karena korban yang mengetahui perbuatan terduga pelaku dan melihat S pulang dari perantauan.

Mengetahui Terduga pelaku pulang, Kiki melapor kepada Mapolsek Tanggul dengan bukti-bukti kepemilikan perhiasan emasnya yang sudah di bawa pelaku.

“Motif S melakukan aksi mencuri perhiasan emas, untuk memberikan modal usaha suaminya, setelah itu S bekerja menjadi TKW. Ketika kembali pulang, dan diketahui oleh korban, korban pun melaporkan kasus ini ke polisi,” Kata Kapolsek Tanggul AKP. Miftahul Huda, Selasa,(27/9/2022).

Setelah melakukan serangkaian penyelidikan disertai bukti-bukti yang kuat, pihaknya pun menjemput S di rumahnya, selanjutnya diamankan di Mapolsek Tanggul untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya.

Kapolsek menambahkan, bahwa S melakukan aksinya dengan cara masuk ke rumah korban pada siang hari, dimana kondisi rumah korban sedang sepi karena ditinggal kerja.

Kemudian S masuk ke dalam kamar milik korban dan merusak pintu almari tempat korban menaruh perhiasannya. 

"Dari pemeriksaan yang kami lakukan, S sudah mengakui semua perbuatannya, sehingga dia kami jerat dengan pasal Pasal 363 dan 365 KUHP tentang tidak pidana pencurian dengan pemberatan, ancamannya maksimal 12 tahun penjara,” pungkas Kapolsek. (Ulum)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Bantu Suami Cari Modal, Perempuan Asal Jember Curi Emas

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT