Kamis, 30 Juni 2022
Kriminal

Kronologis Kesuksesan Polisi Hingga Berhasil Amankan Tiga Juta Pil Koplo di Mojokerto

profile
Andy

24 Mei 2022 18:09

461 dilihat
Kronologis Kesuksesan Polisi Hingga Berhasil Amankan Tiga Juta Pil Koplo di Mojokerto
Konferensi pers narkoba oleh Polres Mojokerto Kota. (Andy/SJP)

MOJOKERTO - Berawal dari lingkungan Kemasan, Kel Blooto, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto, Sat Resnarkoba Polres Mojokerto Kota mengembangkannya hingga berhasil mengamankan tiga juta pil koplo atau pil double L.

Kasatresnarkoba Polres Mojokerto AKP Singgih Kurniawan menyampaikan, anggotanya mendapat informasi tentang peredaran narkotika jenis sabu di wilayah Kecamatan Prajurit Kulon Kota Mojokerto.

Dari situ kemudian dilakukan penyelidikan sampai ke wilayah Desa Panggih, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. 

"Pada hari Jumat (18/3/2022) sekitar pukul 19.30 WIB, petugas berhasil menangkap MA alias Kacung di rumahnya, Desa Panggih, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto," Singgih.

"Saat digeledah, petugas mendapati 1 klip plastik berisi sabu dengan berat kotor 24,60 gram, 1 sendok plastik kecil, 4 pak klip plastik kosong, 1 timbangan elektrik, 4 kartu ATM serta 1 unit HP Vivo yang ditemukan di saku depan sebelah kanan," sambungnya.

Ditambahkan Singgih, dari hasil pemeriksaan, sabu tersebut didapat dari E (DTO), MA menjelaskan bahwa pernah dikirimi pil koplo oleh RP sebanyak 40 botol. E ini juga pernah mengirim sabu kepada Kebyok, yang kemudian dilakukan penyelidikan terhadap RP dan Kebyok.

"RP ini ditangkap pada hari Sabtu (19/3/2022) sekitar pukul 19.00 WIB di depan Puskesmas Desa Panggih, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Dari tangan tersangka ini, kami berhasil mengamankan 2 botol yang masing-masingnya berisi 2000 butir tablet pil koplo," jelas Singgih.

Setelah diinterogasi, lanjut Singgih, RP menitipkan 24 botol pil koplo di rumah temannya MIR. Petugas lantas bergegas menangkap MIR di dirumahnya di Dusun Sumberbendo, Desa Jogoroto, Kabupaten Jombang sekitar pukul 22.15 WIB. 

"Setelah dilakukan penggeledahan, akhirnya anggota menemukan 24 ribu pil koplo yang dikemas ke dalam 24 botol. Tak hanya itu, kami pun mendapati 1 botol berisi 400 butir pil koplo, 6 klip plastik berisi 300 butir pil dobel L, 27 klip plastik dobel L berisi 270 butir pil koplo, 1 unit HP, 1 karung sak plastik,1 tas kresek plastik warna hitam," jelasnya.

Setelah dilakukan interogasi, RP menerangkan bahwa Ambon juga dikirimi sabu oleh E. Disisi lain, tersangka Kebyok atau MYA ini ketika ditangkap di depan makam, pinggir jalan raya Desa Sambiroto, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, didapati membawa 1 klip plastik berisi sabu bruto 1,07 gram tersimpan dalam bungkus rokok merk LUCKY STRIKE dan 1  klip plastik berisi sabu bruto 0,67 gram.

Dari keterangan RP inilah, akhirnya polisi mengamankan dari tersangka Ambon sebanyak 15 karton pil koplo dengan jumlah total 1.500.000 butir yang disimpan di dalam ruang tamu rumah kontrakannya, Lingkungan Perum Indraprasta, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto dan 15 karton pil koplo lainnya yang juga berisi 1.500.000 butir disimpan di tokonya yang berada di Desa Tangunan, Kecamatan Puri Kabupaten Mojokerto.

"Tak hanya itu, Ambon juga menitipkan ke RW di rumah kontrakannya, Desa Kedungmaling gang pasar, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto. Narkotika yang dititipkan Ambon ini adalah sabu dengan kemasan klip yang masing-masingnya berisi 100,73 gram, 100,84 Gram, 100,25 gram dan 14,28 gram sabu dan Ganja kering 1 plastik dengan berat 32.10 gram," pungkasnya.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Kronologis Kesuksesan Polisi Hingga Berhasil Amankan Tiga Juta Pil Koplo di Mojokerto

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT