Senin, 28 November 2022
Kriminal

Curi Uang di Jok Sepeda Motor, Aksi Seorang Pria di Situbondo Terekam CCTV Masjid

profile
Sarwo

04 Oktober 2022 20:15

1.2k dilihat
Curi Uang di Jok Sepeda Motor, Aksi Seorang Pria di Situbondo Terekam CCTV Masjid
Petugas saat menunjukan lokasi tempat parkir sepeda motor (Sarwo/SJP)

SITUBONDO - Aksi pencurian uang yang tersimpan di jok sepeda motor terekam kamera CCTV Masjid Al-Karomah, Desa Trigonco, Kecamatan Asembagus Situbondo.

Nasib apes yang dialami oleh seorang pensiunan guru bernama Akhmad Gunawan (66) warga Desa Trigonco, Kecamatan Asembagus yang menjadi korban aksi pencurian saat melaksanakan salat Isyak pada Senin malam 3 Oktober 2022 sekitar pukul 19.00 WIB di Masjid Besar Al Karomah tersebut terekam CCTV.

Uang senilai Rp 4,8 juta yang disimpan dalam jok motor Yamaha Mio dengan nopol P 5712 ED miliknya raib. Padahal uang hasil donasi dari masyarakat itu, rencananya untuk acara maulid nabi yang hendak disetorkan ke Masjid Besar Al Karomah.

"Aksi pencurian itu, terjadi sekitar pukul 18. 45 WIB. Saat korban sedang mengikuti Sholat Isyak berjamaah," tutur Kapolsek Asembagus Iptu Gede Sukarmadiyasa, Selasa (4/10/2022).

Lebih lanjut Gede menjelaskan, jika kejadian tersebut bermula saat korban hendak menyetorkan hasil sumbangan dari masyarakat itu ke masjid. 

"Uang yang akan disetorkan tersebut, disimpan di dalam jok sepeda motornya untuk dibawa ke Masjid Al Karomah," jelasnya.

Namun, kata Gede, saat korban sampai di Masjid, uang tersebut tidak langsung disetorkan. Dikarenakan korban langsung mengikuti salat Isyak berjamaah. 

"Usai memarkir kendaraannya, korban langsung bergegas salat berjamaah. Sekitar 20 menit usai salat, korban kembali ketempat parkir untuk mengambil uang yang disimpan di jok sepeda motornya," katanya.

Saat hendak mengambil uang tersebut, sambung Gede, korban kaget setelah membuka jok sepeda motornya, korban mendapati uang yang berada di dalam Jok sudah tidak ada ditempatnya.

"Setidaknya ada sekitar Rp 4.865.000 uang yang rencananya akan digunakan untuk acara Maulid Nabi tersebut.
Aksi pelaku terekam CCTV milik Masjid. Dari rekaman CCTV tersebut, cukup terlihat ada seorang terduga pelaku yang melakukan aksinya. Pelaku datang dengan menggunakan sepeda motor jenis metic tanpa plat nomor ke TKP,"ujarnya.

Dari rekaman CCTV, masih menurut Gede, saat melancarkan aksinya, dengan mengendarai sepeda motor seorang terduga pelaku memakai celana pendek dan memakai jaket serta mengenakan masker.

"Usai berhasil menggasak uang di jok, pelaku kemudian masuk ke kamar mandi Masjid. Selang beberapa detik kemudian, terduga pelaku keluar dan langsung tancap gas melarikan diri ke arah selatan dengan mengendarai sepeda motor miliknya,"terangnya.

Gede menambahkan, adanya aksi pencurian tersebut sudah ditindaklanjuti oleh anggota. Pihaknya bersama anggota tengah melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengidentifikasi pelaku.

"Untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut, agar pelakunya  terungkap, selain memeriksa rekaman CCTV milik masjid kami juga meminta keterangan dari sejumlah saksi dilokasi kejadian,"pungkasnya. (Sarwo)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Curi Uang di Jok Sepeda Motor, Aksi Seorang Pria di Situbondo Terekam CCTV Masjid

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT