Rabu, 07 Desember 2022
Kriminal

Diduga Gelapkan Uang Pembelian Tebu, Seorang Pria di Situbondo Diamankan Polisi

profile
Sarwo

22 Oktober 2022 10:39

1.7k dilihat
Diduga Gelapkan Uang Pembelian Tebu, Seorang Pria di Situbondo Diamankan Polisi
SRJ (61) terduga pelaku penipuan dan penggelapan saat diamankan polisi (SJP)

SITUBONDO – Anggota Polsek Asembagus, Polres Situbondo, mengamankan seorang terduga pelaku tindak pidana penipuan dan penggelapan uang sebesar Rp 150 juta pembelian tebu.

Kapolsek Asembagus Iptu Gede Sukarmadiyasa mengatakan, pelaku berinisial SRJ (61), warga Kampung Krajan, Desa Kedunglo, Kecamatan Asembagus, Situbondo, diamankan oleh anggota di kediamannya.

"Karena sudah memenuhi unsur tindak pidana dengan dua alat bukti, saat ini pelaku sudah ditetapkan jadi tersangka dan dilakukan penahanan untuk proses hukum lebih lanjut," kata Iptu Gede Sukarmadiyasa, Sabtu, (22/10/2022).

Kasus ini bermula, pada tanggal 30 Maret 2021, tersangka SRJ menjual tebu yang ada di salah satu sawah sebanyak 5000 kwintal dengan harga Rp 150 juta kepada korban Yudi Prayitno (44) warga Kampung Timur, Desa/Kecamatan Asembagus Situbondo.

"Setelah terjadi kesepakatan, SRJ menunjukan tebu dilokasi tersebut. Kemudian korban menyerahkan uang Rp 150 juta berkwitansi untuk 5000 kwintal tebu kepada SRJ, dengan perjanjian akan ditebang pada saat musim giling berlangsung,"tutur Gede.

Namun, lanjut Gede, korban terkejut, pada saat hendak menebang tebu dilahan itu, mendapati tanaman tebu sudah tidak ada dan sudah ditebang.

"Setelah korban mencaritahu, ternyata tebu yang dibeli bukan milik SRJ, melainkan milik orang lain dan tanaman tebu tersebut sudah ditebang oleh pemiliknya," jelas Kapolsek.

Karena merasa tertipu, sambung Gede, korban akhirnya melaporkan perbuatan SRJ ke Mapolsek Asembagus. Atas perbuatannya, pelaku akan dijerat dengan Pasal 372 Subsider Pasal 378 KUHPidana dengan ancaman hukuman maksimal 4 tahun penjara.

"Kami mengimbau kepada masyarakat, khususnya wilayah Asembagus, agar berhati hati dalam berbisnis jual beli tebu. Sebelum bertransaksi, dicek dulu kebenarannya atau caritahu siapa pemilik tebu yang sebenarnya, agar peristiwa serupa tidak terjadi lagi,"pungkas Gede. (Sarwo)

Editor:Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Diduga Gelapkan Uang Pembelian Tebu, Seorang Pria di Situbondo Diamankan Polisi

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT