Kamis, 11 Agustus 2022
Kriminal

Gelapkan 12 Mobil, Pria Asal Mojosari Dibekuk Satreskrim Polres Mojokerto Kota

profile
Andy

05 Juli 2022 21:54

379 dilihat
Gelapkan 12 Mobil, Pria Asal Mojosari Dibekuk Satreskrim Polres Mojokerto Kota
Konferensi pers penggelapan mobil. (SJP)

KOTA MOJOKERTO - Gelapkan 12 mobil, pria asal Dusun Tuwiri, Desa Seduri, Kecamtan Mojosari Kabupaten Mojokerto berhasil dibekuk Satreskrim Polres Mojokerto Kota, Senin (13/6/2022) malam.

Pria itu adalah Agus Dwianto (37). Ia dibekuk di rumah temannya yang bernama Saiful di Perumahan Watasa, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo sekitar pukul 20.30 WIB.

Ketika konferensi pers, Kapolres Mojokerto Kota, AKBP Rofiq Ripto Himawan mengingatkan, masyarakat harus tau apa itu penggelapan. Bagaimana hukum yang mengatur hubungan dua belah pihak itu harus tuntas dan paripurna.

"Syarat-syarat formil yang harus menyertai dalam kegiatan itu juga harus diperhatikan agar tidak menjadi korban-korban dari para pelaku-pelaku yang indikasinya adalah jaringan penggelapan mobil,” ungkap AKBP Rofiq Ripto.

Lebih lanjut AKBP Rofiq mengatakan, kejadian berawal dari laporan Polisi yang dibuat oleh Abdul Rohim korban penggelapan mobil. Ia yang tinggal di Kediri ini mendapatkan telepon untuk menjual Mobil Pajeronya.

“Pembeli mobilnya adalah orang Mojokerto yang rencananya akan dibayar dengan cara memasukkan BPKB Mobil Pajero Abdul Rohim ke salah satu leasing di Mojokerto. Tentu ada perjanjiannya saat itu, yakni Abdul Rohim mendapatkan DP Rp. 28 Juta dan sisanya Rp. 170 Juta dibayar setelah BPKBnya cair,” jelasnya.

Kasatreskrim Polres Mojokerto Kota, AKP Rizki Santoso mengembalikan kunci mobil berserta STNK kepada pemilik

Menurut Rofiq, sesampainya di kantor sinar mas Finance Mojokerto, AD meminta STNK dan kunci kontak kepada korban dengan alasan akan dicoba untuk menjemput calon pembeli. Namun setelah korban menyerahkan kunci kontak dan STNK, AD pun membawa mobil Mitsubishi Pajero Sport tersebut.

"Setelah mobil dibawa oleh tersangka kenyataanya tersangka tidak mengembalikan mobil tersebut dan korban tidak mendapatkan uang sisa pembayaran pembelian mobil. Bahkan Pajero Abdul Rohim juga digadaikan ke orang lain dengan harga Rp. 80 Juta,” terangnya.

Saat ini masih didalami, lanjut Rofiq, mengapa leasing bisa memberikan cairan BPKB sebesar Rp. 170 Juta ke pelaku berinisial AD. Padahal saat sudah menerima cairan Rp. 170 Juta tersebut pelaku berinisial AD tidak memberikan uang tersebut kepada korban Abdul Rohim.

"Tersangka, kami kenakan pasal 378 juncto pasal 372 KUHP dengan ancaman hukuman penjara hingga 4 tahun. Hari ini juga kami serahkan kembali kunci mobil tersebut kepada pemilik yang berhak menerimanya," pungkasnya. (Andy)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Gelapkan 12 Mobil, Pria Asal Mojosari Dibekuk Satreskrim Polres Mojokerto Kota

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT