Kamis, 11 Agustus 2022
Kriminal

Gerebek Rumah Jagal Anjing, Animals Hope Centre Temukan 4 Ekor Anjing Terikat di Surabaya

profile
Andy

01 Agustus 2022 12:17

459 dilihat
Gerebek Rumah Jagal Anjing, Animals Hope Centre Temukan 4 Ekor Anjing Terikat di Surabaya
Penggerbekan rumah jagal anjing di Kelurahan Sumur Welut, Kecamatan Lakarsantri, Kota Surabaya. (SJP)

SURABAYA - Gerebek jagal anjing di Kelurahan Sumur Welut, Kecamatan Lakarsantri, Kota Surabaya, Jawa Timur, pecinta satwa 'Animals Hope Centre' bersama Polrestabes Surabaya temukan 4 ekor anjing yang diikat, Minggu malam 31 Juli 2022.

Ketua Animals Hope Centre, Christian Joshua Pale menyampaikan, berawal dari sekitar dua minggu lalu followesnya WA untuk memberitahukan informasi ada beberapa rumah jagal.

"Dia mengirimkan beberapa video. Ternyata, video ini merupakan hasil investigasi teman saya yang juga pecinta anjing sekitar 2 tahun lalu. Oleh karena itu, saya pun melakukan investigasi selama dua minggu, ternyata tempatnya sudah beda," ungkap Christian.

Lebih lanjut, Christian mengatakan, ia sempat tersesat (kesasar). Untungnya warga sekitar ada beberapa yang tahu bahwa yang ia gerebek ini tempat terkenal untuk jual daging anjing. Informasinya mereka sudah beroperasi sebagai rumah jagal anjing sudah puluhan tahun, sehingga ia berharap dihukum seberat-beratnya.

"Seharusnya, kami akan menggerebk dua tempat / rumah jagal anjing. Namun, karena terlambat tempat yang kedua sudah dikirim sehingga barang buktinya hilang. Sedangkan di tempat yang pertama, kami menemukan empat ekor anjing dengan keempat kakinya diikat, dimasukkan ke dalan karung dan mulutnya pun diikat agar tidak dapat menggonggong," jelas Christian.

Menurutnya, walaupun ada enam karung sudah dipotong-potong, diolah dijadikan masakan. Ia pun mengeluhkan kurang responnya pihak kepolisian.

"Sebenarnya bukan dari Polrestabesnya, kita mulai dari Polsek Lakarsantri itu tidak ada respon. Mungkin karena ini hanya kasus tentang anjing. Jadi waktu kami terbuang hingga 3,5 jam di Polsek Lakarsantri dan Polrestabes Surabaya," jelasnya.

"Sampai di sana pun, bisa dilihat di video live saya, aparat yang mendampingi kurang berniat sebenarnya, untungnya tim busernya bagus. Pada tenpat kedua pun, kita harus berdebat, karena ini kasus tentang anjing, mereka kurang respon," keluhnya.

Polrestabes Surabaya

Sementara itu, Kepala Subbagian Hubungan Masyarakat Polrestabes Surabaya, Kompol Muhammad Fakih menyampaikan, setelah mendapatkan informasi dari pihak terlapor, pihaknya terlebih dahulu memastikan bahwa pemilik rumah jagal tersebut menjual daging anjing untuk dikonsumsi.

"Kami bersama pencinta satwa telah membawa pemilik rumah ke Kantor Polrestabes Surabaya untuk dimintai keterangan dan dilakukan interogasi lebih lanjut. Barang bukti yang diamankan saar ini adalah 4 ekor anjing," kata Muhammad Fakih.

Kompol Fakih mengatakan, saat penggerebekan, pihaknya menemukan beberapa ekor satwa di rumah jagal tersebut.

"Terduga pelaku, MDSP dilaporkan dengan dugaan kejahatan tindak pidana penganiayaan terhadap orang, atau barang, dan atau menjual barang yang berbahaya bagi orang, dan atau peternakan dan kesehatan hewan," katanya.

Maka dari itu, dikenakan pasal 91b dan atau pasal 302 KUHP dan atau 204 KUHP atau UU RI nomor 41 tentang perubahan atas UU RI nomor 18 tahun 2019 tentang peternakan dan kesehatan hewan dengan ancaman hukuman hingga 15 tahun penjara," pungkasnya. (**)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Gerebek Rumah Jagal Anjing, Animals Hope Centre Temukan 4 Ekor Anjing Terikat di Surabaya

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT