Selasa, 24 Mei 2022
Kriminal

Tembak Saja Pelaku Curwan Jika Membahayakan Jiwa

profile
Achmad

09 April 2022 20:46

450 dilihat
Tembak Saja Pelaku Curwan Jika Membahayakan Jiwa
Kapolres Lumajang saat rilis didampingi Kasat Reskrim, Kasubag Humas dan Kanit Pidum Satrekrim. (Achmad/suarajatimpost.com)

LUMAJANG - Pelaku kejahatan pencurian hewan (Curwan) bisa disanksi tegas terukur, sampai tembak mati jika membahayakan jiwa petugas kepolisian atau jiwa warga yang melakukan penangkapan kepada mereka.

Hal itu disampaikan Kapolres Lumajang, AKBP Dewa Putu Eka Darmawan, saat press rilis, di halaman Mapolres Lumajang, Sabtu (9/4) pagi.

"Tindak tegas terukur bisa tembak mati. Ini menyikapi fenomena yang terjadi. Bagi aparat kepolisian yang terancam jiwanya, bakal menembak di tempat bagi pelaku agar bisa memberi rasa aman bagi masyarakat dan petugas," kata Kapolres kepada sejumlah media.

Apalagi terduga pelaku ini dalam melancarkan aksinya, menurut AKBP Dewa Putu, menghisap sabu sabu terlebih dahulu.

"Pasal yang dikenakan adalah pasal 363 KUHP atas pencurian hewannya dan UU Darurat atas kepemilikan senjata tajamnya," tambahnya.

Pria kelahiran Kupang, NTT ini, menyampaikan jika pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Satgas Keamanan Desa (SKD), agar turut serta mencegah Curwan, bukan malah sebagai penunjuk jalannya.

"Dalam waktu dekat, kami akan membuat lomba SKD seperti sebelum-sebelumnya," imbuhnya lagi.

Pengembangan perkara ini, nantinya kata AKBP Dewa Putu, akan merujuk kepada penadah Curwan ini, agar mendatang tidak membeli atau menerima lagi ternak hasil curian.

Dari sejumlah kejahatan yang hampir ada di empat sudut penjuru kota Lumajang ini, Kapolres berharap, warga lokal tidak lagi menjadi penunjuk jalannya.

"Jangan mencuri. Carilah kerjaan yang benar dan halal. Jangan manjadi pencuri," imbaunya.

Editor: Syahrul Huda

Tags
Anda Sedang Membaca:

Tembak Saja Pelaku Curwan Jika Membahayakan Jiwa

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT