Selasa, 24 Mei 2022
Kriminal

Lebih Ringan dari Tuntutan Jaksa, Randy Bagus Divonis 2 Tahun Penjara

profile
Andy

29 April 2022 07:56

319 dilihat
Lebih Ringan dari Tuntutan Jaksa, Randy Bagus Divonis 2 Tahun Penjara
Randy Bagus Hari Sasongko saat disidang di PN Mojokerto

MOJOKERTO - Akhirnya, Randy Bagus Hari Sansongko (31) divonis 2 tahun pidana penjara.

Pria pecatan polisi ini terbukti dengan sah membantu mendiang kekasihnya, Novia Widyasari Rahayu (23), untuk menggugurkan kandungan.

"Menjatuhkan pidana kepada terdakwa Randy Bagus Hari Sasongko bin Niryono dengan pidana penjara selama 2 tahun," kata ketua majelis hakim Sunoto saat membacakan amar putusan, di ruang Chandra, Pengadilan Negeri Mojokerto, Kamis (28/4/2022).

Dalam pertimbangannya, terdapat sejumlah hal yang memberatkan maupun meringankan bagi Randy Bagus. Untuk hal memberatkan,terdakwa berbelit-belit dan tidak mengakui perbuatannya selama dalam persidangan . Sedangkan hal meringankan yakni terdakwa bersikap sopan selama persidangan dan telah berusia lanjut.

Vonis ini lebih ringan daripada tuntutan jaksa penuntut umum. Sebelumnya, penuntut umum meminta agar Majelis Hakim menjatuhkan hukuman pidana penjara 3 tahun 6 bulan. 

Dalam amar putusan Majelis Hakim menilai, Randy terbukti bersalah membantu Novia Widyasari Rahayu melalukaan tindak pidana aborsi sebagaimana dakwaan pertatama JPU, yakni, Pasal 348 ayat 1 KUHP. 

"Terdakwa Terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana yang menyebabkan penguguran kandungan seoramg perempuan sabagaimana dalam dakwaan pertama," ujar Hakim Sunoto. 

Sementara, Kuasa hukum Randy Bagus, Elisa Endarwati mengatakan, akan melakukan banding atas putusan dari hakim terhadap kliennya. Ia menilai banyak pertimbangan hukum, dimana majelis hakim tidak menjelaskan bukti otentik terkait kehamilan Novia.

Menurut dia, saat persidangan ada pernyataan Randy dalam berita acara pemeriksaan (BAP) yang sudah dicabut, tapi tak disampaikan oleh majelis hakim saat sidang putusan. 

"Putusan ini sangat keberatan, Randy juga sudah mencabut pernyataan (tak dijelaskan), tapi ini tadi tidak disampaikan. Ini tadi juga tadi ada tuntutan dari majelis hakim yang tidak sesuai fakta persidangan, oleh karena itu kita akan banding," ungkap dia. 

Lebih lankut, ia menegaskan, tidak adanya bukti otentik itu adalah secara medis terkait kehamilan Novia selama menjalin asmara dengan Randy.

"Tidak ada bukti otentik sama sekali secara medis tidak pernah ada. Itu yang kita ragukan, dimana perbuatan Randy yang melakukan. Karena si hamil persetujuan dan dia yang minum. Kalau itu memang betul-betul harusnya dijadikan tersangka (Novia). Itupun gak ada, kalau pun dia mati harusnya SP3," tandas Elisa.

Editor: Doi Nuri

Tags
Anda Sedang Membaca:

Lebih Ringan dari Tuntutan Jaksa, Randy Bagus Divonis 2 Tahun Penjara

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT