Selasa, 24 Mei 2022
Kriminal

Misterius, Rp80 Juta di Rekening BRI Jatirejo Mojokerto Lenyap dalam Lima Menit

profile
Andy

24 April 2022 20:12

1.5k dilihat
Misterius, Rp80 Juta di Rekening BRI Jatirejo Mojokerto Lenyap dalam Lima Menit
Korban penipuan senilai Rp80 Juta di Mojokerto saat menunjukkan surat pengaduan di Dirtreskrimsus Polda Jatim. (Andy Yuwono/SJP)

MOJOKERTO - Misterius, saldo rekening milik RAT (32) di BRI unit Jatirejo senilai Rp80 Juta, lenyap secara misterius dalam waktu lima menit.

Kejadian ini dialami RAT setelah ia mendapat telepon dari nomor 0816236724 yang mengaku sebagai pegawai bank.

Saat ini, RAT warga Desa Dinoyo, Kecamatan Jatirejo ini sudah mengadukan kasus yang dialaminya ke Ditrektorat Reserese Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Jatim, Selasa (19/4/2022) siang.

Kejadian bermula ketika RAT mendapatkan panggilan telepon dari nomor 0816236724 yang tak dikenalnya pada Jumat (8/4) petang pukul 17.34.

Setelah diangkat, orang tersebut mengaku sebagai pegawai Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan menerangkan jika RAT mendapat poin yang nantinya dapat ditukar dengan hadiah.

Untuk pencairan hadiah tersebut, RAT diminta menyebutkan kode OTP yang telah dikirim melalui SMS ke nomor HP-nya.

RAT mengaku tidak memenuhi permintaan pelaku. Selama lima menit pembicaraan di telepon tersebut, ia berusaha melayani pelaku dengan menjawab seadanya saja.

”Teleponnya hanya lima menitan, terus tak matikan. Setelah itu menelepon lagi sampai 12 kali berbunyi gak saya angkat,” ungkapnya.

Setelah mendapat panggilan tersebut, akun mobile banking BRI (BRImo) miliknya mendadak tidak bisa dibuka karena telah terblokir dan akunnya sudah keluar (log out).

Karena khawatir, RAT pun bergegas ke ATM yang berada di dekat rumahnya. Tak disangka, uang sebesar Rp80 juta yang tersimpan rekeningnya tenyata sudah lenyap.

”Saya pun langsung telpon call center BRI, katanya bakal diproses dua minggu,” imbuh pria usia 32 tahun ini.

Pada hari Senin (11/4), RAT pun ke BRI Mojokerto untuk meminta print out rekening koran, didapati transaksi sebesar Rp80.002.000 kepada rekening BRIVA atas nama PT Sinar Digital Terdepan (Xendit) dengan nama penerima Zakaria.

Transaksi itu tercatat pada pukul 17.39, tepat lima menit setelah korban menerima telepon dari pelaku. Alhasil, ATM yang awalnya bersaldo Rp80.590.766.40 kini tinggal Rp487.766.40.

RAT sempat datang ke Polres Mojokerto Kota untuk melaporkan yang ia alami dan diarahkan langsung ke Subdit Siber Ditreskrimum Polda Jatim Polda Jatim.

Akhirnya, RAT pun melaporkan dugaan tindak pidana ilegal akses yang dialaminya ke Subdit Siber Ditreskrimum Polda Jatim.

Dengan memegang surat tanda terima pengaduan itu , Jumat (22/4/2022), di samping langkah hukum, RAT berusaha meminta pertanggungjawaban dari pihak bank.

Ketika RAT datang ke BRI Kantor Cabang Mojokerto di Jalan Mojopahit, Kota Mojokerto untuk menanyakan perkembangan kasusnya. Hasilnya, pihak bank tidak bisa menjamin jika uangnya bakal kembali.

”Pihak bank mengatakan tidak mungkin ATM-nya bisa diakses kalau OTP-nya tidak diberikan. Kalau soal uangnya sulit untuk dikembalikan,” terang Bripka Suharmanto, petugas Satsabhara Polres Mojokerto Kota yang turut mengantar korban.

Menurutnya, banyak aduan serupa yang telah diterima pihak bank mengenai hilangnya saldo secara tiba-tiba.

Belum ada komentar resmi dari pihak Bank BRI Kantor Cabang Mojokerto terkait saldo nasabah yang bisa berpindah tanpa persetujuan pemilik tersebut.

”Langsung  ke bapak Pinca saja ya," kata Nurhayati, selaku AMBM BRI Kantor Cabang Mojokerto saat dihubungi suarajatimpost.com.

Sementara itu, Pimpinan Cabang BRI Mojokerto Mahmudin ketika dikonfirmasi baik lewat pesan daring WhatsApp maupun telepon, sampai berita ini diunggah belum memberi jawaban.

Editor: Noordin Djihad

Tags
Anda Sedang Membaca:

Misterius, Rp80 Juta di Rekening BRI Jatirejo Mojokerto Lenyap dalam Lima Menit

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT