Kamis, 06 Oktober 2022
Kriminal

Polres Lumajang Amankan Ratusan Liter BBM Jenis Solar Bersubsidi, Sebelum Harga Naik

profile
Achmad

04 September 2022 15:42

376 dilihat
Polres Lumajang Amankan Ratusan Liter BBM Jenis Solar Bersubsidi, Sebelum Harga Naik
Sitaan BBM oleh Polres Lumajang

LUMAJANG - Kepolisian Resort (Polres) Lumajang, berhasil mengungkap dugaan penyalahgunaan bahan bakar minyak jenis solar bersubsidi dari pemerintah, sejumlah ratusan liter.

Kapolres Lumajang, AKBP Dewa Putu Eka Darmawan, mengatakan kalau kejadian tersebut bermula pada Selasa (30/8/2022) kemarin, ketika pihak kepolisian mendapatkan informasi benar adanya pengisian bahan bakar minyak jenis solar disalah satu tempat pengisian BBM di Wilayah Kecamatan Ranuyoso.

"Solar saat itu dimasukkan ke dalam tandon berkapasitas 500 liter. Usai dilakukan pengecekan, angkutan berikut tandon dan juga sopir, dibawa ke kantor polisi untuk dimintai keterangan," katanya, Minggu (4/9/2012).

Dewa menambahkan, keterangan diperoleh jika yang bersangkutan akan menjual kembali solar tersebut ke tingkat pengecer. Dari harga beli sebesar Rp. 5.150 per liter, akan dijual kembali seharga Rp. 5.485 per liter. Juga dalam kemasan jirigen akan jual seharga Rp. 192.000 dengan kapasitas 35 liter.

"Dalam kasus ini, kami amankan seorang pria inisial 'S' (39) warga Desa Tegalsari Kecamatan Ranuyoso. Berikut barang bukti diantaranya 1 unit kendaraan angkutan jenis pickup, 2 tandon kapasitas 500 liter, yang satu berisikan solar 500 liter sementara yang satunya kosong dan 2 lembar struk pembelian solar," kata Kapolres lagi.

Dari serangkaian pemeriksaan, 'S' saat ini ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di rutan Mapolres Lumajang. Ia terancam dijerat pasal 40 angka 9 UURI Nomor 11 tahun 2020 Tentang Cipta Kerja Perubahan atas pasal 55 UURI Nomor 22 Tahun 2001 tentang minyak gas dan bumi.

Tersangka diduga menyalahgunakan pengangkutan dan atau niaga bahan bakar minyak jenis solar yang disubsidi Pemerintah.

"Dan adanya kenaikan BBM, kami menghimbau masyarakat tidak perlu panik, sebab persediaan BBM masih tahap aman stoknya," tutup mantan Kapolres Madiun ini.

Editor : Syahrul

Tags
Anda Sedang Membaca:

Polres Lumajang Amankan Ratusan Liter BBM Jenis Solar Bersubsidi, Sebelum Harga Naik

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT