Selasa, 24 Mei 2022
Kriminal

Seekor Sapi Hamil Milik Warga Situbondo Hilang, Ditemukan Mati Disembelih di Sawah  

profile
Sarwo

28 April 2022 18:42

4.8k dilihat
Seekor Sapi Hamil Milik Warga Situbondo Hilang, Ditemukan Mati Disembelih di Sawah   
Seekor sapi ditemukan warga di sawah dalam kondisi sebagian daginggnya hilang. (Istimewa/Sjp)

SITUBONDO - Seekor sapi betina hamil 8 bulan milik janda bernama Bu Juminah (60) warga Dusun Ranurejo, Desa Sumberanyar, Kecamatan Banyuputih Situbondo, ditemukan di area persawahan dalam kondisi mati disembelih, pada Kamis (28/4/2022) sekitar pukul 05.00 WIB.

Setelah dicuri orang dari kandangnya, sapi betina yang hamil 8 bulan tersebut ditemukan dalam kondisi mati dan disembelih (dijagal) pencuri di sawah yang tak jauh dari rumah korban.

Dari pengakuan korban Bu Juminah, pencurian sapi itu terjadi antara pukul 03.30 WIB sampai pukul 04.00 WIB. Pasalnya, sekitar pukul 02.00 dirinya keluar rumah masih melihat sapi tersebut ada dikandangnya.

"Saya baru tahu kalau sapi di kandang hilang pukul 03.30 WIB saat saya hendak memberi pakan, melihat sapi sudah tidak ada. Dari kejadian itu saya langsung memberitahukan ke tetangga sekitar dan dilanjutkan ke perangkat desa," tutur Juminah, Kamis (28/4/2022) siang.

Kepala Dusun Ranurejo, Wisnu Wardana menjelaskan, setelah menerima laporan, pihaknya langsung memberitahukan ke anggota piket Polsek Banyuputih. Bersama anggota Polsek dibantu warga dirinya langsung melakukan pencarian.

"Dengan petunjuk jejak kaki, sapi tersebut ditemukan di area persawahan yang tak jauh dari rumah korban dalam kondisi sudah mati disembelih dengan kulit yang sudah tersayat. Bahkan dua paha dan tulangnya sudah terpotong serta sebagian daging juga sudah ada yang hilang dibawa pelaku. Kerugian ditaksir mencapai Rp 15 juta,"jelas Wisnu.

Namun, lanjut Wisnu, korban enggan untuk melaporkan secara resmi peristiwa curwan yang menimpa dirinya tersebut ke Mapolsek Banyuputih.

"Korban tidak mau melaporkan peristiwa tersebut ke Polsek dengan alasan yang tidak jelas. Padahal akan saya antar untuk melaporkan peristiwa yang menimpanya,"ujar Wisnu.

Namun demikian, sambung Wisnu, anggota Polsek Banyuputih yang datang ke lokasi, tetap meminta keterangan dari sejumlah saksi dilokasi.

"Selain itu, polisi juga melakukan olah TKP dan mengamankan beberapa barang bukti dan juga mengambil gambar dokumen di lokasi kejadian," kata Wisnu.

Sementara itu Kapolsek Banyuputih AKP Heru Purwanto saat dihubungi pesan WhatsAppnya membenarkan, adanya curwan. Setelah menerima laporan dari perangkat desa setempat, pihaknya bersama anggota langsung bergegas ke lokasi kejadian.

“Kami bersama anggota dibantu masyarakat langsung melakukan pencarian. Sapi ditemukan dalam kondisi mati hanya berjarak kurang lebih 500 meter dipinggir sawah dan sapi tersebut sudah tidak utuh lagi, diduga hanya diambil dagingnya oleh pelaku," kata AKP Heru Purwanto.

Lebih lanjut Heru menyampaikan, untuk mengungkap kasus curwan tersebut, pihaknya juga melakukan olah TKP dan meminta keterangan dari sejumlah saksi di lokasi kejadian. Namun hingga saat ini pemilik sapi (korban):enggan melaporkan peristiwa tersebut ke Mapolsek Banyuputih.

"Hingga saat ini kami masih menunggu laporan resmi dari pemilik sapi. Namun demikian, petugas akan terus melakukan menyelidiki untuk mengungkap siapa pelakunya dan apa motifnya,”jelasnya.

Dugaan sementara, sambung Kapolsek, pelaku lebih dari satu orang, karena dengan hitungan menit sebagian daging sapi sudah hilang dibawa pelaku 

"Untuk itu kami mengimbau kepada masyarakat agar rutin melakukan ronda malam untuk mengantisipasi pencurian hewan terutama sapi, karena dengan ronda malam akan lebih efektif mencegah terjadinya pencurian,” pungkasnya.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Seekor Sapi Hamil Milik Warga Situbondo Hilang, Ditemukan Mati Disembelih di Sawah  

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT