Sabtu, 21 Mei 2022
Kriminal

Sejumlah Kasus yang Meresahkan Masyarakat di Situbondo, Berhasil Diungkap Polisi

profile
Sarwo

01 April 2022 19:59

818 dilihat
Sejumlah Kasus yang Meresahkan Masyarakat di Situbondo, Berhasil Diungkap Polisi
Sejumlah Kasus yang Meresahkan Masyarakat di Situbondo, Berhasil Diungkap Polisi. (Suara Jatim Post)

SITUBONDO -  Sejumlah kasus yang meresahkan masyarakat selama tiga bulan terakhir ini, berhasil diungkap oleh Polres Situbondo

Sejak tiga bulan terakhir ini, polisi berhasil mengungungkap sejumlah kasus dan menyita barang bukti diantaranya ratusan minuman keras (Miras) yang dijual tanpa izin, judi sabung ayam, dan perjudian lainnya.

Keberhasilan tersebut, tidak lepas dari kerjasama dan peran serta lapisan masyarakat serta semua tokoh masyarakat diwilayah Situbondo.

Kapolres Situbondo AKBP Dr. Andi Sinjaya, mengungkapkan, telah berhasil mengamankan ratusan barang bukti Miras dari sejumlah pedagang diwilayah Kabupeten Situbondo. Polisi berhasil mengamankan barang bukti sekitar 550 botol miras berbagai merk. 

“jenis miras yang berhasil kami amankan sangat bervariasi. Salah satunya yang cukup membahayakan bagi peminumnya, adalah oplosan, arak dan bir banteng, kerena tidak memenuhi standar kesehatan, ”ungkap Kapolres Andi kepada sejumlah sejumlah wartawan, Jumat  (1/4/2022) siang.

Lebih lanjut  Andi mengatakan, untuk semenatara, orang yang kedapatan menjual miras masih di data. Sebab, tempatnya dari beberapa wilayah Polsek. Namun, untuk pengedar narkoba ada empat orang yang berhasil diamankan.

“intinya yang terlibat cukup banyak dan semuanya pasti akan kami proses hingga tuntas. Sejauh ini, kami belum pernah menerima laporan atau belum menemukan orang yang meninggal akibat minuman keras,” Imbuhnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga mengamankan barang bukti perjudian dari tempat sabung ayam. Tidak hanya itu, pihaknya juga mengamankan 19 knalpol brong hasil rampasan dari operasi balap liar. 

“Tentunya, keberhasilan tersebut merupakan suprot dari seluruh elemen masyarakat, utamanya tokoh masayarakat yang aktif memberikan informasi terhadap kepolisian baik secara langsung melaporkan ke Mapolres maupun melalui jajaran polsek,” jelas Andi.

Jenis pelanggaran tersebut, sambung Andi, sudah diatur dalam peraturan Daerah Nomor 2 tahun 2018 tentang Miras. Bahwasanya orang yang tidak memiliki izin memperdagangkan minuman beralkohol akan diberikan sanksi kurungan 3 bulan dan denda maksimal Rp 50 juta. Sedangkan kasus perjudian, dikenakan pasal 303  KUHP, dengan hukuman penjara10 tahun atau denda sebanyak banyaknya Rp 25 juta, Sedangkan yang berkaitan dengan knalpot brong jugadikenakan sanksi di dalam UUD lalulintas.

“Tiga kasus tersebut adalah hal yang paling bermasalah bagi keamanan di masyarakat, kerena dengan meminum minuman beralkohol akan menyebabkan ke onaran di masyarakat,  perjudian mengakibatakan kerugian terhadap masyarakat, balap liar mengakibatkan banyaknya korban yang mengalami kecelakaan,” pungkas Kapolres Situbondo.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Sejumlah Kasus yang Meresahkan Masyarakat di Situbondo, Berhasil Diungkap Polisi

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT